ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG

Fitri Anisa(1*), Eko Yuliyanto(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada saat pembelajaran kimia berlangsung ditemukan hambatan-hambatan yang menjadikan kurang maksimalnya pembelajaran kimia. Pembelajaran yang baik akan menghasilkan  prestasi akademik yang baik pula. Adanya permasalahan tersebut diperlukan penelitian untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia yang baik. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Agar tercapai pembelajaran kimia yang baik diperlukan komponen-komponen penunjang. Komponen-komponen pembelajaran dalam tiga kategori utama, yaitu: guru, isi atau materi pembelajaran, dan siswa. Interaksi antara tiga komponen utama melibatkan metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penataan lingkungan tempat belajar. Penelitian ini di rancang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga dihasilkan produk final. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia perlu dimaksimalkan agar pembelajaran kimia di SMA Teuku Umar Semarang dapat berlangsung dengan baik adalah mulai dari guru, siswa, dan sarana prasarana yang memadai.

Kata kunci: pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3523 times
PDF - 5941 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id