Hubungan Organisasi Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang - Permasalahan berhubungan dengan organisasi pembelajaran fakultas serta prestasi belajar mahasiswa mendorong Program Study (Progdi) Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) untuk melakukan pengkajian mengenainya. Pengkajian dilakukan berdasarkan konsep sekolah sebagai organisasi pembelajaran.
Tujuan- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian organisasi pembelajaran empat Program Studi di FIK dan prestasi belajar mahasiswa di empat Program Study FIK, serta hubungan antara keduany.
Metode - Penelitian menggunakan rancangan studi deskriptif dengan subyek penelitian semua staf berstatus pegawai tetap. Organisasi pembelajar sebagai variabel bebas dan
prestasi belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian dikembangkan dari indikator sekolah sebagai organisasi pembelajaran. Analisa dilakukan dengan analisa deskriptif, uji F (ANOVA) dan Spearman.
Hasil - Pencapaian organisasi pembelajaran pada 4 progdi secara signifikan adalah sama. Progdi C merniliki skor organisasi pembelajaran dan prestasi belajar mahasiswa tertinggi sedangkan Progdi A adalah terendah. Semua Progdi unggul dalam karakteristik kepercayaan dan iklim kolaboratif, namun Progdi A lemah dalam pengambilan inisiatif dah resiko, Progdi B dalam pengembangan profesional sedangkan Progdi C dan D dalam membangun dan memonitor misi bersama. Terdapat perbedaan skor pengambilan inistatif
dan resiko antara Progdi C dan D.
Kesimpulan - Organisasi pembelajaran berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswanya dengan p-value=0,00 yaitu semakin tinggi skor organisasi pembelajaran semakin tinggi pula prestasi belajar mahasiswanya.
Kata Kunci - Organisasi Pembelajaran, Prestasi Belajar Mahasiswa
Proseding
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 498 timesPDF - 118 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id