Analisis Pola Sidik Jari pada Penderita Tuna Grahita di Sekolah Luar Biasa

Meira Erawati(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang - Penderita tuna grahita akan dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal apabila mendapatkan penanganan sejak dini. Fenomena yang terjadi di masyarakat adalah bahwa anak penderita tuna grahita biasanya dikenali mengalami tuna grahita ketika anak masuk usia sekolah. Metode deteksi dini menjadi kebutuhan dunia kesehatan untuk dapat mengenali gangguan perkembangan pada anak sejak dini. Studi tentang pola sidik jari dapat digunakan sebagai alternative untuk melihat kemungkinan tuna grahita pada diri seseorang sejak dini karena kekhasan dari sidik jari pada setiap orang.

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara pola sidik jari anak penderita tuna grahita dengan anak normal, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif diagnosis pelengkap gangguan perkembangan anak sejak dini.

Metode - Penelitian deskriptif komparasi yang melibatkan 30 responden siswa SLB dan 29 responden siswa SD dengan melihat perbedaan pola sidik jari tangan kanan dan tangan kiri baik pada anak penderita tuna grahita maupun anak normal. Pengamatan yang dilakukan meliputi pengamatan pola sidik jari loop, wharl, dan arch. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan cross sectional.

Hasil - Tidak ada perbedaan yang bermakna antara pola sidik jari pada penderita tuna grahita dengan sidik jari pada anak normal, dengan nilai(p>0,05).

Diskusi - Tuna grahita seringkali merupakan salah satu tanda dan gejala pada sindrom tertentu. Pola sidik jari pada anak dengan sindrom tertentu yang ditandai dengan tuna grahita, besar kemungkinan memperlihatkan pola sidik jari tertentu. Munculnya pola sidik jari arch pada diri seseorang perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius akan kemungkinan kesulitan belajar atau masalah lain pada individu tersebut.

Rekomendasi - Gambaran pola sidik jari tidak dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan seorang anak akan menderita tuna grahita atau tidak tanpa disertai dengan tes yang lain.

Kata Kunci - Pola sidik jari, Tuna grahita


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id