Efek Terapi Bacaan Al-Qur,An Terhadap Waktu Pemulihan Pasien Post Operasi dengan General Anestesi di Recovery Room Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pekalongan

Supriyadi -(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang - Pasien di recovery room merupakan pasien dengan kondisi yang masih labil sehingga perlu mendapatkan pengawasan intensif pada semua aspek termasuk emosionalnya. Agar pemulihan dapat dipantau maka digunakanlah skala pengukuran Aldrette score. Aldrette score memberikan informasi kapan pasien dianggap pulih dan dapat dipindahkan ke ruang perawatan.

Tujuan-Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tentang efek terapi bacaan   AlQur'an terhadap waktu pemulihan pasien di recovery room RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.

Metode - Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiment dengan desain post test only - control group design. Pengambilan sampel menggunakan minimal sampel dan didapatkan 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi.

Hasil - Setelah dilakukan analisis data, diperoleh waktu pemulihan pada kelompok perlakuan antara 15 sampi 40 menit dengan ruta-rata 25,5 menit. Waktu pemulihan pada kelompok tanpa perlakuan antara 25 menit sampai 50 menit dengan rata-rata 36 menit. Dengan menggunakan Independent t-test didapatkan p value=0,013. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terapi bacaan Al-Qur'an mepercepat pemulihan post operasi dengan general anestesi di recovery room.

Rekomendasi - Hendaknya setiap pasien diberikan terapi bacaan Al-Qur'an setelah operasi guna mempercepat pemulihannya.

Kata Kunci - Efek, Bacaan Al-Qur'an, General Anestesi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 586 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id