PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA MELALUI MODEL PERMAINAN ARISAN SOAL PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD MUHAMMADIYAH 08 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ani Satul Inajati(1*), Abdul Karim(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai tes pembelajaran ilmu
pengetahuan sosial materi kenampakan alam dan keadaaan sosial negara negara tetangga pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah  08 KecamatanPedurungan Kota Semarang. Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial selama inimasih menggunakan metode konvensional sehingga untuk meningkatkan hasil belajar perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan penggunaan  metode yang menarik agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan hasil belajar
dan aktivitas pembelajaran siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-Negara tetangga denganmenggunakan model permainan arisan soal. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-Negara tetangga dengan menggunakan model permainan arisan soal.Waktu Pelaksanaan Siklus I hari Rabu tanggal 5 Oktober 2016 dengan alokasi waktu 35 menit (1 X 35 menit) dan siklus II pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2016 dengan alokasi waktu 35 menit (1 X 35 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan arisan soal dapat dijadikan sarana
meningkatkan hasil belajar  dan aktivitas pembelajaran siswa pada
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga, hal ini ditunjukkan dengan hasil perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil pembelajaran  siklus I menunjukan bahwa dari 28 siswa yang memiliki nilai tuntas sebanyak 21 siswa (75%), 8 siswa belum tuntas (25%) mengalami peningkatan hasil belajar padasiklus II yakni dari 28 siswa yang memiliki nilai tuntas sebanyak 28 siswa (100%). Sedangkan aktivitas pembelajaran  siswa pada pembelajaran siklus I
dari 28  siswa yang aktif bertanya 16 siswa (15%), aktif menjawab 10 siswa (36%), melaksanakan perintah 10 siswa (36%), tidak aktif 2 siswa (7%), dan tidak memperhatikan pelajaran 2 siswa (7%). Dan  meningkat padapembelajaran siklus II dari 28 data aktivitas siswa yang aktif bertanya 25 siswa(89%), aktif menjawab 18 siswa (64%), melaksanakan perintah 28 siswa(100%). Hasil belajar dan aktivitas pembelajaran siswa dari  siklus I dan siklusII pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi kenampakan alam dankeadaan sosial Negara-Negara tetangga melalui model permainan arisan soal
mengalami peningkatan yang signifikan. Simpulan pada penelitian ini bahwa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 276 times
PDF - 1534 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id