PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI ARAH MATA ANGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 08 KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

- Anisah(1*), Abdul Karim(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran di sekolah tidak dapat terlepas dari interaksi antara siswa dan
guru. Guru berkewajiban menciptakan situasi pembelajaran agar siswa berani
berinteraksi. Sebagian besar siswa kelas III di SD Muhammadiyah  08
Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mendapatkan nilai di bawah KKM
(75) pada pembelajaran IPS materi arah mata angin. Upaya yang ditempuh
guru adalah dengan mengadakan perbaikan dalam proses pembelajaran,
tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi arah mata
angin. Upaya yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL). Pelaksanaannya bertempat di SD
Muhammadiyah 08 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mulai tanggal 29
September 2014 sampai dengan 20 Oktober 2013. Perbaikan pembelajarannya
menggunakan pola PTK yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Langkah-langkahnya di setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran
menunjukkan   bahwa   hasil   belajar   siswa mengalami peningkatan.
Ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus diperoleh 12
siswa (50%), pada siklus I menjadi 16 siswa (67%), dan pada siklus II
mencapai 22 siswa (92%). Dengan  demikian  dapat disimpulkan  bahwa  model
pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning (CTL) dapat meningkatkan
hasil belajar IPS materi arah mata angin pada siswa kelas III SD
Muhammadiyah 08 kecamatan Pedurungan Kota Semarang.
Keywords: belajar, pembelajaran CTL, arah mata angin

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id