PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI ARAH MATA ANGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 08 KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran di sekolah tidak dapat terlepas dari interaksi antara siswa dan
guru. Guru berkewajiban menciptakan situasi pembelajaran agar siswa berani
berinteraksi. Sebagian besar siswa kelas III di SD Muhammadiyah 08
Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mendapatkan nilai di bawah KKM
(75) pada pembelajaran IPS materi arah mata angin. Upaya yang ditempuh
guru adalah dengan mengadakan perbaikan dalam proses pembelajaran,
tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi arah mata
angin. Upaya yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL). Pelaksanaannya bertempat di SD
Muhammadiyah 08 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mulai tanggal 29
September 2014 sampai dengan 20 Oktober 2013. Perbaikan pembelajarannya
menggunakan pola PTK yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Langkah-langkahnya di setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus diperoleh 12
siswa (50%), pada siklus I menjadi 16 siswa (67%), dan pada siklus II
mencapai 22 siswa (92%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan
hasil belajar IPS materi arah mata angin pada siswa kelas III SD
Muhammadiyah 08 kecamatan Pedurungan Kota Semarang.
Keywords: belajar, pembelajaran CTL, arah mata angin
guru. Guru berkewajiban menciptakan situasi pembelajaran agar siswa berani
berinteraksi. Sebagian besar siswa kelas III di SD Muhammadiyah 08
Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mendapatkan nilai di bawah KKM
(75) pada pembelajaran IPS materi arah mata angin. Upaya yang ditempuh
guru adalah dengan mengadakan perbaikan dalam proses pembelajaran,
tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi arah mata
angin. Upaya yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL). Pelaksanaannya bertempat di SD
Muhammadiyah 08 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang mulai tanggal 29
September 2014 sampai dengan 20 Oktober 2013. Perbaikan pembelajarannya
menggunakan pola PTK yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Langkah-langkahnya di setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus diperoleh 12
siswa (50%), pada siklus I menjadi 16 siswa (67%), dan pada siklus II
mencapai 22 siswa (92%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan
hasil belajar IPS materi arah mata angin pada siswa kelas III SD
Muhammadiyah 08 kecamatan Pedurungan Kota Semarang.
Keywords: belajar, pembelajaran CTL, arah mata angin
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 154 timesPDF - 280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id