Upaya Meningkatkan Karakter Percaya diri dan Keterampilan siswa dalam menyampaikan cerita Dengan Menggunakan Permainan Kreatif di Kelas III SD Muhammadiyah 08 Semarang Tahun Pelajaran 2014 / 2015

Rosid Ridlo(1*), Abdul Karim(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbaikan ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok menceritakan pengalaman yang di alami,dilihat dan di dengar, sebagian besar siswa karakter percaya dirinya belum terlihat. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan model permainan kreatif agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik. Tujuan perbaikan ini yaitu
untuk mengetahui peningkatan karakter percaya diri dan faktor pendukung penggunaan model permainan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 18 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pelaksanaan perbaikan pembelajaran di SD Muhammadiyah 18 mulai tanggal 1 Oktober  s.d 6  Oktober 2014 dan terdiri dari 2  siklus ( siklus I dan siklus II).
Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa yang diatas nilai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), yang mana hasil ketuntasan siklus I mencapai 62%, dan siklus II mencapai 76%. Sedangkan pencapaian nilai karakter percaya diri pada siklus II mencapai 3,2 dengan predikat baik
(B).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model permainan
kreatif dapat meningkatkan karakter percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menyampaikan cerita berdasarkan pengalaman yang dialami, dilihat dan didengar di kelas III SD
Muhammadiyah 18 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.
 

Keywords: karakter percaya diri, prestasi belajar, permainan kreatif.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 1267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id