Masalah Kesehatan Mental pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Miftahut Huda

Zulaikhah Sri Utami(1*), Diyan Yuli Wijayanti(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang - Masalah kesehatan mental adalah seluruh gejala atau pola perilaku seseorang yang berkaitan dengan tekanan (distress) dan ketidakmampuan seseorang. Perubahan perilaku ini beresiko kematian, penyakit, dan ketergantungan. Masa remaja merupakan suatu periode transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang merupakan waktu kematangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang cepat.

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah kesehatan mental remaja putri di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh remaja yang tinggal dan belajar di Pondok Pesantren.

Metode - Metode pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling yang berjumlah 125 responden.

Hasil - Hasil uji validitas dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai r hitung > 0,44. Hasil penelitian menunjukan kecemasan ringan (56,6%) , harga diri rendah ringan (70,4%), identitas diri rendah ringan (60,8%), dan frustasi (54,4%). Hasil penelitian ini dapat sebagai bahan masukan bagi pengasuh untuk memberikan pemahaman, pengawasan dan informasi dengan ilmu-ilmu agama mengenai psikologi remaja.

Kata kunci - masalah kesehatan mental, pondok pesantren, remaja putri


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4203 times
PDF - 696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id