Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0)

Asep Supriatna

Abstract


Lesson Study merupakan kegiatan guru yang didalamnya terdapat kegiatan merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengobservasi pembelajaran, serta melakukan kegiatan refleksi atas hasil observasi pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan Lesson Study dilakukan secara kolaboratif, mutual learning dan berkelanjutan (Hendayana dkk, 2006). Dengan kata lain,  kegiatan Lesson Study adalah kegiatan guru yang dilakukan secara rutin dan terjadwal dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran secara kolaboratif bersama guru sejawat lain. Jumlah dan lamanya petemuan kegiatan Lesson Study sangat tergantung dari kesepakatan kominitas guru peserta lesson
Study.
Beberapa pengalaman Lesson Study di beberapa sekolah di Kabupaten Sumedang dan Kota Bandung menunjukkan adanya peningkatan dalam hal perhatian guru terhadap siswa, kualitas media dan perangkat pembelajaran, peningkatan pemahaman konsep materi ajar, kualitas pelaksanakan pembelajaran, serta kepekaan guru dalam mengamati bagaimana siswa belajar. Hal positif dari kegiatan Lesson Study ini perlu dimanfaatkan dalam upaya meningkatan kualitas layanan pembelajaran kepada siswa khususnya dalam menjalani kehidupan pada era revolusi industry yang menantang kehidupan yang semakin kompleks.
Berdasarkan keperluan pembelajaran di Abad 21, beberapa kopetensi yang harus dimiliki masyarakat antara lain: kempuan berfikir kritis, kemapuan kolaborasi, kemampuan inovasi, kemampuan IT, serta kemampuan komunikasi. Makalah ini memaparkan bagiamana meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan Lesson Study untuk membekali anak dalam menghadapi era revolusi industry 4.0.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id