PENERAPAN MODEL RME BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES MAHASISWA

Iswahyudi Joko Suprayitno, Abdul Rohman

Abstract


Proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan merupakan suatu sistem yang menumbuhkan kemauan seorang pengajar untuk melakukan pengelolaan pengajaran secara keseluruhan. Dalam proses belajar mengajar dosen menempati kedudukan sangat sentral, sebab peranannya sangat menentukan.
Pengantar probabilitas merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu-ilmunya. Oleh karena itu, kegiatan belajar dan mengajarnya diperlukan suatu metode, mengingat mahasiswa yang berbeda-beda tingkat kemampuannya.Pengantar probabilitas timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan penalaran.
Pembelajaran pada materi tersebut masih menggunakan metode ekspositori. Di dalam penelitian ini, akan digunakan model Realistic Matematics Education (RME) dengan berbantuan e-learning. Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses mahasiswa dalam mata kuliah pengantar probabilitas dengan model RME berbantuan e-learning. Penelitian ini di desaian agar penerapan model pembelajaran yang memanfaatkan model RME berbantuan e- learning, dapat di praktekkan pada saat mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Selain itu, dapat digunakan sebagai literatur dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan metode yang lain dan matakuliah yang lain. Penelitian ini terbagi menjadi tiga Siklus. Presentase Nilai Ketuntasan Klasikal Ketrampilan proses pada pra siklus 55%, pada siklus I 65%, dan pada siklus II 85%.

Kata kunci: Realistic Matematics Education (RME), e-learning, dan Ketrampilan proses


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id