MENGATASI MINIMNYA KETERSEDIAAN BUKU TEKS DI SD PERBATASAN DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN

Tri Novita Indriyati(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu cara untuk mengatasi masalah minimnya ketersediaan buku di SDN 29 Idai, maka peneliti mencoba menerapkan penggunaan media video pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas VI pada mata pelajaran IPA materi Ciri-Ciri Khusus pada Makhluk Hidup. Selain dimaksudkan untuk mengatasi minimnya jumlah buku di sekolah, penggunaan video pembelajaran ini juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif, menarik dan tidak membosankan sehingga siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan video pembelajaran untuk mengatasi minimnya ketersediaan buku teks dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada siswa kelas VI SDN 29 Idai Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan, yaitu : (i) penerapan video pembelajaran dapat efektif digunakan dalam pembelajaran untuk mengatasi masalah minimnya jumlah buku di SDN 29 Idai yang merupakan salah satu sekolah di daerah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga, (ii) penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi yang bisa dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah diberikan
perlakuan.

Kata Kunci : Buku Teks, Media Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id