PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN VARIASI TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Bambang Hermanto(1*), Eny Winaryati(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui 1) bagaimana pengaruh penerapan model Discovery Learning dengan variasi team quizterhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi struktur atom. 2) bagaimana pengaruh penerapan model Discovery Learning dengan variasi pembelajaran team quiz terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia materi struktur atom. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 34 orang.  Metode padapenelitian ini dengan metode  deskriptif kualitatif.  Desain  Penelitian  Tindakan Kelas dengan  empat  langkah,  yaitu Perencanaan,  Pelaksanaan,  Observasi,  dan Refleksi.  Penelitian  Tindakan  Kelas dilaksanakan selama 2 siklus. Siklus I pada sub materi konfigurasi elektron dan siklus  II pada sub materi  bilangan
kuantum. Hasil observasi dan interview dari penelitian ini menunjukkan respon dan antusiasme peserta didik sangat luar biasa dengan adanya penerapan Discovery Learning dan team quiz dalam proses pembelajaran kimia. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 73, 53% dengan rata-rata 80,74. Pada siklus II meningkat menjadi 97,06% peserta didik tuntas dengan rata-rata 90,51.  Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata nilai peserta didik78,94 meningkat pada siklus II dengan ratarata 86,53.  Persentase  ketuntasan  pada  siklus  I  mencapai  76,47%  dan meningkat  pada  siklus  II  menjadi  91,18%.  Kehadiran peserta didik pada siklus I dan II mencapai 100%.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi struktur atom dengan penerapan model Discovery Learning dengan variasi metode team quiz meningkat.

Kata kunci : Discovery Learning, team quiz, Aktivitas dan prestasi belajar peserta didik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1300 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id