EVALUASI DISAIN TRITISAN PLAT BETON UNTUK PERUMAHAN DI SEMARANG

Eddy Prianto

Abstract


Disain tritisan suatu bangunan tropis sangatlah bervariasi. Hal ini sangat penting dalam usaha mengatasi pancaran sinar matahari dan tampias curah hujan yang masuk dalam bangunan.
Kecenderungan yang berkembang di lapangan, pemakaian tritisan sudah tidak lagi memperhatikan fungsi awalnya. Hal ini ditunjukkan dengan pemakaian tritisan diatas pintu & jendela-jendela pada bangunan di kota Semarang yang berdimensi kurang dari 1.00m.
Tulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali ketepatan pemakaian tritisan datar kecil tersebut dan bagaimana sebaiknya untuk bangunan perumahan di Kota Semarang ?
Penelitian yang didukung dengan sarana simulasi komputer ini, memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak animasi dan variasi temuan, disamping effisensi waktu dibanding penelitian lapangan. Pada akhirnya didapatkan bahwa bangunan dikota Semarang harus lebih serius mempertimbangkan bentuk dan dimensi tritisan orientasi ke Utara. Rasio tinggi bangunan dan lebar tritisan 2:3 untuk orientasi Utara dan 1:3
untuk orientasi Selatan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:Info@unimus.ac.id  http://unimus.ac.id