MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI EKSPONEN KELAS X
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Topik eksponen mempunyai posisi yang strategis untuk menumbuh kembangkan
kemampuan nalar siswa dan dapat dipandang sebagai suatu latihan untuk menata nalar
siswa. Kondisi hasil belajar matematika materi eksponen selama 2 tahun pada SMA Teuku
Umar kelas X menunjukkan selalu berada dibawah nilai ketuntasan. Kondisi ini akan diatasi
melalui implementasi Metode Jigsaw berbantuan CD pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran
matematika materi Eksponen dengan metode Jigsaw berbantuan CD Pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Observasi dan pengumpulan data dari kondisi
awal kelas merupakan langkah awal sebelum dilakukan tindakan selanjutnya. Rangkaian
penelitian ini berbentuk Randoms Siclus, sebanyak 2 (dua) siklus dengan tahapan masingmasing
siklus : Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan tindakan serta refleksi. Hasil
observasi awal siklus 1 diperoleh data dari 39 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya
28,2 %. Keaktifan siswa meningkat pada siklus pertama berdasarkan indikator-indikator
pengamatan sebesar sebesar 9,8 point naik dari 62,4 pada kondisi awal menjadi 72,2 pada
siklus 1. Keaktifan siswa meningkat pada siklus kedua berdasarkan indikator-indikator
pengamatan sebesar sebesar 9.1 point naik dari 72,2 pada siklus pertama menjadi 81.3 pada
siklus 2.
kemampuan nalar siswa dan dapat dipandang sebagai suatu latihan untuk menata nalar
siswa. Kondisi hasil belajar matematika materi eksponen selama 2 tahun pada SMA Teuku
Umar kelas X menunjukkan selalu berada dibawah nilai ketuntasan. Kondisi ini akan diatasi
melalui implementasi Metode Jigsaw berbantuan CD pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran
matematika materi Eksponen dengan metode Jigsaw berbantuan CD Pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Observasi dan pengumpulan data dari kondisi
awal kelas merupakan langkah awal sebelum dilakukan tindakan selanjutnya. Rangkaian
penelitian ini berbentuk Randoms Siclus, sebanyak 2 (dua) siklus dengan tahapan masingmasing
siklus : Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan tindakan serta refleksi. Hasil
observasi awal siklus 1 diperoleh data dari 39 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya
28,2 %. Keaktifan siswa meningkat pada siklus pertama berdasarkan indikator-indikator
pengamatan sebesar sebesar 9,8 point naik dari 62,4 pada kondisi awal menjadi 72,2 pada
siklus 1. Keaktifan siswa meningkat pada siklus kedua berdasarkan indikator-indikator
pengamatan sebesar sebesar 9.1 point naik dari 72,2 pada siklus pertama menjadi 81.3 pada
siklus 2.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 379 timesPDF - 1781 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id