PENERAPAN STRATEGI SEMANTIC MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS REPORT BAGI MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN UNIMUS
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Melalui pendidikan bahasa Inggris diharapkan mahasiswa mampu berbahasa Inggris secara lisan
maupun tulis sebagai life skill sesuai dengan tingkat perkembangan literacy mereka. Untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa SI Ilmu Keperawatan UNIMUS dalam hal menulis
teks report, penulis mencoba menerapkan strategi semantic mapping pada tahap joint construction of
text. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan strategi semantic mapping
keterampilan menulis teks report mahasiswa berdasarkan hasil tes kognitifnya dapat meningkat
menjadi 76,33 yang melebihi standar keberhasilan kinerja yang ditetapkan yaitu 70. selain itu
berdasarkan hasil observasi, angket dan wawancara menunjukkan adanya peningkatakan keaktifan
dan ketertarikan mahasiswa terhadap pembelajaran menulis teks report menggunakan strategi
semantic mapping
maupun tulis sebagai life skill sesuai dengan tingkat perkembangan literacy mereka. Untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa SI Ilmu Keperawatan UNIMUS dalam hal menulis
teks report, penulis mencoba menerapkan strategi semantic mapping pada tahap joint construction of
text. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan strategi semantic mapping
keterampilan menulis teks report mahasiswa berdasarkan hasil tes kognitifnya dapat meningkat
menjadi 76,33 yang melebihi standar keberhasilan kinerja yang ditetapkan yaitu 70. selain itu
berdasarkan hasil observasi, angket dan wawancara menunjukkan adanya peningkatakan keaktifan
dan ketertarikan mahasiswa terhadap pembelajaran menulis teks report menggunakan strategi
semantic mapping
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 519 timesPDF - 545 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id