KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DIPADU STRATEGI TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBAHASA INGGRIS

Iswahyudi Joko Suprayitno(1*), Dwi Sulistyaningsih(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pencapaian ketuntasan belajar siswa,
meneliti pengaruh dari keaktivan siswa dan keterampilan proses terhadap kognitifnya, kemudian akan
diuji perbedaan antara hasil belajar pembelajaran matematika realistik dipadu strategi turnamen
belajar dengan pendekatan ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Semarang pada
siswa kelas VII. Disini populasinya seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 8 kelas dengan masingmasing
kelas berisi 32 siswa. Sampel dilakukan dengan cluster random sampling untuk mengambil
kelas eksperimen yaitu VIIA dan kelas kontrol VIIB. Variabel bebasnya adalah; keaktivan siswa,
keterampilan proses, dan jenis strategi pembelajaran. Sedangkan variabel terikatnya adalah kognitif
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi,
angket, dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif, analisis uji t satu sampel, dan
analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian dengan pembelajaran matematika realistik yang dipadu strategi turnamen
belajar dengan media LKS menunjukkan bahwa; (1) ketuntasan belajar dalam keaktivan siswa 72,87
%, keterampilan proses 73,40%, dan kognitif siswa telah mencapai 70%, (2) keaktivan siswa
mempengaruhi kognitif sebesar 58,9%, sedangkan keterampilan proses mempengaruhi kognitif
sebesar 53,3%, (3) uji rata-rata pihak kanan menunjukkan bahwa hasil belajar dengan pembelajaran
matematika realistik dipadu strategi turnamen belajar dengan media LKS lebih baik dibandingkan
pendekatan pembelajaran ekspositori.
Dengan adanya pembelajaran ini diharapkan guru dapat mengembangkan kreatifitasnya dan
dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini perlu juga dikembangkan
pada materi lain yang dipelajari. Dengan adanya variasi pembelajaran seperti ini diharapkan
meningkatkan keaktivan siswa dan keterampilan dalam berproses, sehingga dapat mendukung
terciptanya kognitif yang lebih baik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id