RANCANG BANGUN CATALYTIC CONVERTER MATERIAL SUBSTRAT TEMBAGA BERLAPIS MANGAN UNTUK MEREDUKSI EMISI GAS KARBON MONOKSIDA MOTOR BENSIN

RM. Bagus Irawan(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengurangi polusi udara yang mengandung toksisitas dari mesin pembakar internal
digunakan perlengkapan piranti / alat yang disebut Catalytic Converter. Alat ini telah digunakan di
USA sejak 1975 karena peraturan Envoronmental Protection Agency (EPA) yang semakin ketat
tentang gas buang kendaraan bermotor. Alat ini mengkonversi senyawa-senyawa toksit dalam gas
buang menjadi zat-zat yang kurang toksit atau tidak toksit. (Jenbacher, 1996).
Namum demikian harga alat tersebut masih sangat mahal di pasaran dan tidak semua kendaran
bermotor menggunakan teknologi tersebut. Hal ini disebabkan oleh pemakaian katalis yang terbuat
dari bahan logam mulia yang mahal dan jarang didapatkan dipasaran seperti Paladium, Platinum, dan
Rodium. Katalis tersebut sangat rentan terhadap unsur timbal (Pb) dalam bahan bakar yang berakibat
dapat merusak fungsi katalis karena akan terjadi penyumbatan pada honeycomb Catalytic Converter.
Catalytic converter merupakan salah satu alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk
menurunkan polutan dari emisi kendaraan bermotor,khususnya untuk motor berbahan bakar bensin
(Heisler, 1995). Catalityc converter berfungsi untuk mempercepat oksidasi emisi Hidrokarbon (HC)
dan Carbon Monoksida (CO), serta mereduksi Nitrogen Oksida (NOx).
Penelitian ini bertujuan untuk rancang disain dan rancang bangun Catalytic Converter serta
mengetahui karakteristik bahan Katalis, yang pada akhirnya dapat mengurangi polutan Karbon
Monoksida pada emisi gas buang dengan penambahan lapisan Mangan pada Tembaga.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 1018 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id