HUBUNGAN BIMBINGAN CLINICAL INSTRUCTUR DENGAN KEPUASAN MAHASISWA PRAKTIK DI RS PERMATA MEDIKA SEMARANG
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Latarbelakang: Bimbingan clinical instructur di perlukan dalam proses pembelajaran klinik terhadap mahasiswa keperawatan, karena hal ini dapat mempengaruhi kompetensi baik dari segi kognitif, sikap dan psikomotor mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan. Mahasiswa praktik dapat mengambil keputusan secara cermat dan berfikir kritis dengan adanya pendampingan dari clinical instructur. Tujuan: membuktikan adanya hubungan bimbingan clinical instructur perawat dengan kepuasan mahasiswa praktik. Metode: Penelitian analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 30 mahasiswa yang diambil dengan total sampling pada periode September sampai Desember 2012. Hasil: menggunakan analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara bimbingan clinical
instructur perawat dengan kepuasan mahasiswa (p= 0,015; α 0,05). Bimbingan clinical instructur mempunyai peluang 4,84 kali untuk memberikan kepuasan mahasiswa praktik dibanding yang kurang bimbingan.
Kata kunci: Clinical instructur; Mahasiswa praktik; kepuasan
instructur perawat dengan kepuasan mahasiswa (p= 0,015; α 0,05). Bimbingan clinical instructur mempunyai peluang 4,84 kali untuk memberikan kepuasan mahasiswa praktik dibanding yang kurang bimbingan.
Kata kunci: Clinical instructur; Mahasiswa praktik; kepuasan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 612 timesPDF - 585 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang
email:[email protected] http://unimus.ac.id