KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG KENANGA RSUD CILACAP

- Kasron(1*), Rully Andhika(2), Ahmad Kusnaeni(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas pelayanan asuhan keperawatan dapat diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan asuhan keperawatan yang diterima. Kepuasan pasien terhadap pelayanan asuhan keperawatan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor tersebut adalah komunikasi yang dilakukan oleh perawat. Komunikasi yang dilakukan oleh perawat yang sering disebut dengan komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Pasien Jamkesmas Terhadap Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan Di Ruang Kenanga RSUD Cilacap. Penelitian dilakukan bulan Juni sampai dengan Juni 2011, menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik purposive sampling. Jumlah partisipan 5 orang. Analisa hasil penelitian menggunakan teknik pemeriksaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pasien jamkesmas cukup puas (7/10) dan puas (8/10) terhadap komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat.
Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan untuk perawat supaya dapat meningkatkan keterampilan komunikasi terapeutik, dan dilakukan penelitian secara kuantitatif.
Kata Kunci: Kepuasan, Jamkesmas, Komunikasi Terapeutik, Perawat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 479 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UNIMUS | Universitas Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang

email:[email protected]  http://unimus.ac.id