STRATEGI DAYA SAING PEMASARAN UMKM BABY MEAL

Lely Kumala Sari(1*), Budi Rahardjo(2)


(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi pemasaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan. Tidak hanya perusahaan besar saja yang memerlukan strategi pemasaran namun Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM juga membutuhkan strategi pemasaran untuk kegiatan bisnis, terutama pada saat ini dimana UMKM mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pesatnya pertumbuhan UMKM akan berpengaruh juga pada tingkat daya saing yang akan semakin ketat. Oleh karena itu para pelaku UMKM perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saingnya. Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menentukan strategi pemasaran, dimana analisis SWOT dapat menganalisis Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) yang temasuk ke dalam faktor internal dan faktor ekstenal usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dari UMKM Baby Meal dalam meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik UMKM Baby Meal, selain itu penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu dan sumber literasi lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh Baby Meal pada strategi pemasarannya agar dapat meningkatkan daya saing.


Keywords


Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, UMKM, dan Daya Saing.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. H., & Dja’wa, A. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Ditengah Pandemic Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1455

Agus, P., & Suhartono, E. (2018). Analisis pengaruh teknologi informasi dan knowledge management terhadap daya saing ukm. Infokam, September, 112–119.

Asmara, A. Y., & Rahayu, S. (2017). Meningkatkan daya saing industri kecil menengah melalui inovasi dan pemanfaatan jaringan sosial: Pembelajaran dari klaster industri software di India. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3), Pengabdian Masyarakat. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/254/259

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang : Sukabina Press, 2016.

Cahyono, P. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada Pt. Prudential Cabang Lamongan. 1(2), 129–138.

Dimas Hendika Wibowo, Arifin, Z., & Sunarti. (2018). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Fatimah, F. N. D. (2016). Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.

Nurhayati, S. (2016). Strategi Penguatan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Batik Menghadapi Asean Economic Community(Aec). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 15–23.

Ratnawati, A. Y., & Susena, E. (2017). Kesejahteraan Pedagang Batik Di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi, 4, 58–66.

Sukma, D. (2016). Fintechfest, mempopulerkan teknologi finansial di Indonesia. Retrieved December 27, 2018, from h ttps://arenalte.com. 19(1), 55–60.

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v18i2.10100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: value-added@unimus.ac.id