TANTANGAN BUDAYA ORGANISASI ERA MULTI INFORMASI PADA VIRTUAL ORGANIZATION (Suatu Pandangan Studi Empiris )

Suwardi Suwardi(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia tanpa batas teritorial, merupakan suatu kenyataan sehingga organisasi dan institusi bukan saja akan cepat menjadi usang namun berpeluang untuk dapat hidup lebih survive. Keterbelengguan merefleksikan pemberontakan atas keformalan, ketidakterbukaan. Namun demikian kesiapan menghapai tantangan era multi informasi sehingga perusahaan memiliki daya dorong, kemampuan kinerja yang lebih baik, serta sumber daya yang lebih besar dibandingkan dengan sumber daya sebenarnya. Kemampuan yang dimilikinya digabungkan dengan kerjasama dan kolaborasi sumber daya dari dalam dan luar perusahaan untuk misi atau proyek yang spesifik dengan dihubungkan dengan terminal komputer (telecommuting) untuk memakai bersama visual images dan in process advertising. Kolaborasi mobilisassi sumber daya internal dan eksternal merupakan bentuk penggabungan berbagai kepentingan internal dan sksternal. Sumber daya eksternal yang terkait dengan pelanggan dapat ikut langsung menentukan keputusan dengan tingkat kepuasan tak terbatas dalam dimensi waktu bahkan malam hari sekalipun. Suatu hal yang tadinya tabu, kini banyak organisasi bisnis menyikapi secara wajar. Implementasi organisasi virtual dalam segala bentuknya berarti pemangkasan besar-besaran tata nilai dan sikap kerja yang tak efisien. Pergeseran budaya organisasi terjadi, nilai–nilai budaya baru terbentuk serta bagaimana organisasi secara konsekuen harus bersikap dalam era maya organisasi virtual.
Kata Kunci : pergeseran budaya, methapora, virtual organization, kolaborasi, sumber daya, telecommuting, strtuktur hierarkis, virtual memory, implementasi, telekomuting, restrukturisasi total,  polling para pakar, menjanjikan kinerja.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 825 times
PDF - 652 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v12i1.2945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]