RELATIONSHIP MARKETING STRATEGI MERAIH LABA JANGKA PANJANG

Triyono Triyono(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Relationship marketing telah berkembang menjadi paradigma baru bagi strategi bisnis dan strategi pemasaran. Relationship marketing mampu memberdayakan kekuatan keinginan pelanggan dengan tekanan teknologi informasi untuk mamberikan kepuasan pada pelanggan. Cakupannya meliputi tuntutan manajemen muta terpadu secara global untuk menghadapi kebutuhan bisnis yang pelanggan dengan lebih agresif. Strategi bisnis difokuskan pada kelanggengan dan pemuasan pelanggan serta bekerja untuk mengantisipasi kebutuhan dan penyesuaian hasil produk. Rangsangan yang ingin dibangkitkan dari konsep relationship marketing adalah metode – metode dalam menarik perhatian, pemeliharaan kepuasan pelanggan serta meningkatkan dan memanajemeni hubungan kepuasan dengan pelanggan. Dengan kata lain, relationship marketing berupaya memperpanjang umur waktu hidup pelanggan sebagai individu yang bertransaksi.
Kata Kunci: relationship marketing, laba jangka panjang

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 35 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v12i2.2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]