PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN ATAS FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Perusahaan Casing Flazzstore Wilayah Semarang)

Fella Mas’adatul Aziz, Nurhayati .

Abstract



Dalam era perdagangan sekarang banyak perusahaan yang telah
berkembang. Kunci utama kemajuan perusahaan dapat dilihat seberapa tinggi
Loyalitas Pelanggan terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh antara Kualitas Produk, Kepercayaan Pelanggan dan
Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Sampel penelitian ini
sebanyak 100 responden. Dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan
teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel menurut kriteria yang telah
ditentukan oleh peneliti dimana sampel yang dipilih dengan menggunakan
pertimbangkan  sesuai dengan tujuan dan masalah peneliti yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linier berganda
membuktikan variable Kualitas Produk (X1) mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap peningkatan Loyalitas Pelanggan Flazzstore. Hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 10,079 > 1,66 dengan tingkat signifikasi 0,000 (0%) < 0,05 (5%), Kepercayaan Pelanggan (X2)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan Loyalitas
Pelanggan Flazzstore. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel
yaitu 2,417 > 1,66 dengan nilai signifikasi 0,018 (1,8%) < 0,05 (5%) dan
Kepuasan Pelanggan (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan Loyalitas Pelanggan Flazzstore. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung
lebih besar dari t tabel yaitu 5,905 > 1,66 dengan nilai signifikasi 0,000 (0%) < 0,05
(5%). Kualitas Produk, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai
koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0,692  atau 69,2%.

Keywords


Kualitas Produk, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Semarang