STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP BIRO JASA TRANSPORTASI TOUR TRAVEL CV. RENATA CITRA MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada CV. Renata Citra Mandiri Tour Travel Cabang Semarang)

Sarah Amalia Maramis

Abstract


ABSTRAK
CV. Renata Citra Mandiri Tour Travel merupakan perusahaan jasa
transportasi. Perusahaan tersebut menawarkan jasa tour travel pariwisata antar
(kota, provinsi, negara), event organizer, akomodasi, angkutan barang,
transportasi (mobil, minibus, bus), dll. Kreasi kebijakan strategi marketing mix
diharapkan akan mempermudah pihak pemasaran CV. Renata Citra Mandiri Tour
Travel dalam memasarkan jasanya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana strategi Marketing Mix dan dampaknya terhadap
Kepuasan para Pelanggan  CV. Renata Citra Mandiri Tour Travel Cabang
Semarang Jawa Tengah. Dimensional marketing mix terdiri atas produk, harga,
tempat dan  promosi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Peliputan data diperoleh melalui wawancara terhadap
direktur/owner, manajer pemasaran, dan konsumen seputar strategi marketing mix.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing mix “4P” pada CV. Renata Citra Mandiri Tour Travel Cabang Semarang berjalan dengan baik,
berfokus pada Kepuasan Pelanggan,


Keywords


Biro jasa transportasi perjalanan wisata, Marketing Mix 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi), Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS

Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Semarang