MELANGKAH MENUJU KERJASAMA ANTARA PERBANKAN SYARIAH DENGAN SEKTOR PERDAGANGAN DAN JASA

Triyono -(1*)


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di tengah himpitan kritis multi dimensi yang menimpa bangsa Indonesia, angin segar penuh optimisme muncul di bidang ekonomi. Perbankan syariah mengalami lompatan pertumbuhan yang begitu cepat.

Perbankan syariah di tanah air walaupun usianya masih seumur jagung, telah menunjukkan pertumbuhan yang cukup spektakuler. Sampai akhir 2004, total asset bank syariah nasional mencapai Rp.14,148 trilliun (BI, 2004). Sedangkan total aset hingga Oktober 2005 mencapai 18,7 trilliun dengan total investasi dana pihak ketiga mencapai Rp.13,4 trilliun (BI, 2005).

Meskipun perbankan syariah sebagai institusi komersial, namun ia tidak bisa terlepas dari entitas sosial. Artinya tanggung jawab dalam memberdayakan ekonomi umat dan sektor riil menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Karena sektor riil merupakan paling potensial dalam membangun semangat kemitraan sebagaimana terdapat dalam jiwa perbankan syariah.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 26 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v4i1.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]