PENGARUH NON PERFORMING FINANCING (NPF), EFISIENSI OPERASIONAL, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS

Dewi Purwanti(1*), Suwardi Suwardi(2), Triyono Triyono(3)


(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh non performing financing (NPF), efisiensi operasional, financing to deposit ratio (FDR), dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015 - 2019). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapat 8 Bank Umum Syariah sebagai sampel. Metode regresi linier berganda digunakan pada penelitian ini dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa non performing financing (NPF) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, efisiensi operasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, financing to deposit ratio (FDR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, dan capital adequacy ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Selain itu, non performing financing (NPF), efisiensi operasional, financing to deposit ratio (FDR), dan capital adequacy ratio (CAR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.


Keywords


Non Performing Financing (NPF); Efisiensi Operasional; Financing to Deposit Ratio (FDR); Capital Adequacy Ratio (CAR)

Full Text:

PDF

References


Almunawwaroh M., dan Marliana R. (2018). Pengaruh CAR, NPF dan FDR terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Amwaluna, 2(1): 1-17.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. . Jakarta : PT Ghalia Indonesia.

Erlangga, O. P., & Mawardi, I. (2015). Pengaruh Total Aktiva, Capital Adequency Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Assets (ROA) Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan.

Aulia, F., & Prasetiono. (2016). Pengaruh CAR, FDR, NPF Dan BOPO Terhadap Profitabilitas (Return On Equity) (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia PeriodeTahun 2009-2013. Diponegoro Journal of Management.

Hakiim, N., & Rafsanjani, H. (2016). Pengaruh Internal Capital Adequency Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR), Dan Biaya Operasional Per PendapatanOperasional (BOPO) Dalam Peningkatan Profitabilitas Industri Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 1 No. 1.

Misbahul, M. (2017). Analisa Pengaruh CAR, NPF, FDR, Dan Inflasi Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia. Journal of Islamic economics, Finance and Banking.

Riyadi, S., dan Yulianto, A. (2014). Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Financing To Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal.

Sumarlin. (2016). Analisis pengaruh inflasi, CAR, FDR, BOPO, dan NPF terhadap profitabilitas perbankan syariah. ASSETS, 6(92): 296-313

Syakhrun, M., Anwar, dan Amin, A. (2019). Pengaruh CAR, BOPO, NPF Dan FDR Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Bogaya Journal for Research in Management.


Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 4 times

DOI: https://doi.org/10.26714/vameb.v18i1.9628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address:

Department of Management

Faculty of Economics

University of Muhammadiyah Semarang

Kedungmundu Raya Road No. 18, Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia

 

Contact:

email: [email protected]