Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun

Almadila Tasya(1*), Alini Alini(2), Erlinawati Erlinawati(3)


(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan sosial anak pra sekolah merupakan perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku didalam masyarakat tempat tinggal anak. Perkembangan sosial yang terganggu akan menjadikan anak sulit menyesuaikan diri terutama dengan tuntutan kelompok, kemandirian berpikir, perilaku anak, dan terutama pembentukan konsep diri anak akan terganggu. Salah satu penyebab terganggunya perkembangan sosial anak pra sekolah adalah kebiasaan anak dalam bermain gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi dan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak pra sekolah usia 4-6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak pra sekolah yang menggunakan gadget yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Bangkinang Kota pada tanggal 10-15 Juni 2022. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada analisis univariat didapatkan bahwa dari 45 responden, didapatkan penggunaan gadget dengan durasi tinggi (71,1%), penggunaan gadget dengan intensitas rendah (53,3%) dan perkembangan sosial terganggu (62,2%). Analisis data bivariat menggunakan uji chi-square, untuk hubungan durasi dengan perkembangan sosial, didapatkan p value = 0,000 dan untuk hubungan intensitas dengan perkembangan sosial, didapatkan p value = 0,001 yang artinya p value < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara durasi dan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak pra sekolah usia 4-6 tahun di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Diharapkan orang tua anak pra sekolah dapat mengawasi serta memberikan batasan durasi dan intensitas penggunaan gadget agar perkembangan sosial anak tidak terganggu.


Keywords


anak pra sekolah; durasi penggunaan gadget; intensitas penggunaan gadget; perkembangan sosial

Full Text:

PDF

References


Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Afrinis, N., Indrawati, I. dan Raudah, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu, Pola Makan dan Penyakit Infeksi Anak dengan Status Gizi Anak Prasekolah. Aulad : Journal on Early Childhood. 4(3), pp. 144-150.

Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, 1(1), pp. 17-19.

Alini, A. dan Indrawati, I. (2020) “Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah,” JURNAL NERS Research & Learning in Nursing Science, 4(2), pp. 110–115.

Alini, A., Indrawati, I. dan Fithriyana, R. (2020) “PKM Stimulasi Tumbuh Kembang Mental Anak Usia Dini untuk Mencapai Tumbuh Kembang yang Optimal di PAUD/TK Zaid bin Tsabit Bangkinang,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 4–10.

Anindya, M. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Proposal Skripsi. Semarang: Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.

Hijriati (2019). Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), pp. 94-102.

Kabali, H., et al. (2015). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Jurnal American Association of Pediatrics, 1(1), pp. 1044-1050.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Bijak Gunakan Smarthpone agar Tidak Ketergantungan.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Medika.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novitasari, W., dan Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(1), pp. 182-186.

Rochyani, D., dan Verawati, B. (2022). Formulasi Ekstrak Kencur (Kaempferia Galanga L) pada Pembuatan Puding Sumber Fosfor Sebagai Cemilan Sehat Anak Prasekolah (4-6) Tahun. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), hal. 104-112.

Sintia, A. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini (Prasekolah) di TK Pertiwi Bangkinang Kota. Skripsi. Riau: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Wijarnoko, J., dan Setiawati, E. (2016). Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital : Pengaruh Gadget dan Perilaku terhadap Kemampuan Anak. Jakarta Selatan: Keluarga Indonesia Bahagia.


Article Metrics

Abstract view : 627 times
PDF - 258 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.69-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.