Peningkatan Pengetahuan tentang Ronde Kasus Keperawatan pada Ketua Tim melalui Metode Role Play di Rumah Sakit Jiwa
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Manajemen keperawatan merupakan pengelolaan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Ronde kasus merupakan bagian evaluasi dari fungsi manajemen keperawatan. Ketua tim merupakan pemimpin dalam pelaksanaan ronde kasus. Peneltian yang melakuakan pelatihan dengan role play tentang rode kasus keperawatan masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektititas pelatihan melalui role play terhadap pengetahuan ketua tim dalam melakukan ronde kasus. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu pre-eksperimental before after study. Sampel pada penelitian ini sebanyak 68 ketua tim dengan kriteria minimal berlatar belakang sarjana keperawatan, lama kerja minimal satu tahun. Teknik samplingnya adalah proporsional non-random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner data demografi dan pertanyaan multiple choice. Analisi data yang digunakan adalah deskriptif dan uji Wilcoxon. Berdasarkan data statistik nilai pengetahuan menunjukan bahwa hasil pretest tingkat pengetahuan ketua tim minimal 26 dan maksimal 35. Nilai postes mempunyai skor antara 71 sampai 88. Hasil uji Wilcoxon menunjukan nilai probabilitas -7.255 dengan signifilansi 0.001. Penelitian ini menujukan adanya perbedaan tingkat pengetahuan antara sebelum dan sesudah diberi pelatihan ronde kasus keperawatan melalui role play.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alias, & Serang, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Paradoks, 1(1), 82–97. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/177
Bliss, M., & Aitken, L. (2018). Does simulation enhance nurses’ ability to assess deteriorating patients? Nurse education in practice. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2017.09.009
Dewi, E., Pratiwi, A., Kurniati, Y. P., & Soh, K. L. (2019). Undergraduate Students’ Perceptions and Readiness: An Evaluation of Inter-Professional Education at Central Java, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 193–204. https://doi.org/https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.11
Huber, D. L. (2017). Leadership and nursing care management-e-book (Sixth). https://doi.org/Elsevier Health Sciences
Huber, D. L., & Joseph, M. L. (2021). Leadership and nursing care management-e-book. Seventh Edition (7th ed.). Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Leadership_and_Nursing_Care_Management_E/jiIvEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Huber,+D.+L+and+Joseph,+M.+L.+Leadership+and+nursing+care+management-e-book.+Seventh+Edition.&pg=PA510&printsec=frontcover
Islamarida, R. (2019). Team Based Learning (Tbl) Dalam Peningkatan Pengetahuan, Hasil Belajar Dan Kerjasama : Literature Review. Jurnal EDUNursing, 3(1), 12–18. Retrieved from https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/edunursing/article/view/1830
Joseph, M. L., & Huber, D. L. (2015). Clinical leadership development and education for nurses: prospects and opportunities. Journal of Healthcare Leadership. https://doi.org/10.2147/JHL.S68071
Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient Satisfaction with the Quality of Nursing Care. Nursing Open, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/nop2.237
Malik, A. D. (2020). Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman, dan Pengetahuan Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Makasar). Jurnal Ekonomi, 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/jek.v11i1.1242
Mardlotillah, U. Z., & Pramuningtyas, R. (2020). Pengaruh Lama Paparan, Masa Kerja, dan Wet Work terhadap Kejadian Dermatitis Tangan pada Perawat. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Masters, K. (2020). Role development in Professional Nursing Practice (5th ed.). Jones & Bartlett Learning.
Moi, M. F., Nursalam, N., & Asmoro, C. P. (2019a). Factors Affecting the Implementation of Nursing Round. Fundamental and Management Nursing Journal, 2(1), 35–44. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/FMNJ%0AOriginal
Moi, M. F., Nursalam, N., & Asmoro, C. P. (2019b). FUNDAMENTAL AND MANAGEMENT ( Factors Affecting the Implementation of Nursing Round ). Fundamental and Management Nursing Journal, 2(1), 35–44.
Motacki, K., & Burke, K. (2017). Nursing Delegation and Management of Patient Care - Elsevier E-Book on VitalSource (2nd ed.). Elsevier Inc.
Muhlisin, A., Supratman, & Listiani, I. (2019). Faktor Tingkat Pendidikan dan Penghasilan Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Prosiding Seminar Nasional. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/psn.v0i0.1734
Pratiwi, A., Arif, M. D. N., Wisardoyo, Muhlisin, A., & Hudiyawati, D. (2022). A Time-Motion Study in Intensive Care Unit Using Direct Care Nursing Tool. Indonesian Journal Of Global Health Research, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37287/ijghr.v4i2.1160
Simamora, R. H., Bukit, E., Purba, J. M., & Siahaan, J. (2017). Penguatan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan Di Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 300. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i2.6880
Stella, S., Rizal, A., Gunardi, S., Jumari, Lannasari, & Suryadi, B. (2022). Analisis Standar Operasional Prosedur Pelaksanaan Ronde Keperawatan. Journal of Management Nursing, 1(02), 64–67. https://doi.org/10.53801/jmn.v1i02.26
Wahyuni, D. I. (2020). Pengaruh Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) Terhadap Kinerja Ketua Tim Dan Perawat Pelaksana Dirawat Inap RSUD Pasaman Barat. Doctoral Dissertation Report, Universitas Andalas. https://doi.org/http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55449
Weiss, S. A., Tappen, R. M., & Grimley, K. A. (2019). Essentials of nursing leadership & management (7th ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=i5SODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Weiss+SA,+Tappen+RM,+G.+K.+(2019).+Essentials+of+nursing+leadership+%26+management+(Seventh%3B+FA+Davis,+ed.).&ots=DySDnmZhX4&sig=kVV6_KM0dGDLwyxs1KkEl8cpe70&redir_esc=y#v=onepage
Weliya, F., & Supratman. (2018). Gambaran Pelaksanaan Model Praktik Keperawatan Profesional Di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wibisono, A., & Pratiwi, A. (2018). Hubungan Karakteristik Personal Dengan Kecemasan Pada Ibu Postpartum Di Wilayah Kerjakerja Puskesmas Gatak Sukoharjo. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404
Yadav, H., Lim, K., Hashim, F., & Saad, Z. (2011). Nursing Management. Second Edition. In Oxford University Press (Second).
Yuniartika, W., & Nur, H. D. A. (2021). Improving Knowledge of Diabetes Mellitus Patients Using Booklet. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 4(3). Retrieved from https://iranjournals.nlai.ir/handle/123456789/805802
Article Metrics
Abstract view : 653 timesPDF - 168 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.821-828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.