Kesehatan Mental pada Remaja di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Wilayah Urban dan Rural Kabupaten Jember

Wahyi Sholehah Erdah Suswati(1*), M.Elyas Arif Budiman(2), Zidni Nuris Yuhbaba(3)


(1) Fakultas Kesehatan, Universitas dr. Soebandi
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas dr. Soebandi
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas dr. Soebandi
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja adalah periode kritis untuk meningkatkan kesehatan mental karena lebih dari separuh masalah kesehatan mental dimulai pada tahap remaja dan beberapa di antaranya bertahan hingga dewasa.Masa remaja adalah periode penting untuk mengembangkan kebiasaan sosial dan emosional yang penting untuk kesejahteraan mental.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikaan kesehatan mental pada remaja di lingkungan sekolah menengah atas wilayah urban dan rural Kabupaten Jember. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas pada wilayah rural dan urban di Kabupaten Jember dengan jumlah sampel sejumlah 250 responden yang dipilih menggunakan metode  purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis univariat, dimana dalam hasil penelitian ini akan ditunjukkan data demografi dan gambaran kesehatan mental pada remaja.. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa sebesar 65,6% responden memiliki kesehatan mental yang kurang dan sebesar 34,4% responden memiliki Kesehatan mental yang baik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa maasa remaja adalah masa untuk memiliki awal yang sehat dalam hidup. Oleh karena itu, guru sekolah, teman, dan orang tua berada di posisi terbaik untuk mengenali dan mendukung kaum muda yang menderita masalah kesehatan mental.


Keywords


kesehatan mental; remaja; rural; urban

Full Text:

PDF

References


Al-Zawaadi, A., Hesso, I., & Kayyali, R. (2021). Mental Health Among School-Going Adolescents in Greater London: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychiatry, 12(March), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2021.592624

Bluhm, R. L., Covin, R., Chow, M., Wrath, A., & Osuch, E. A. (2014). “I Just Have to Stick with It and It’ll Work”: Experiences of Adolescents and Young Adults with Mental Health Concerns. Community Mental Health Journal, 50(7), 778–786. https://doi.org/10.1007/s10597-014-9695-x

Brooks, T. L., Harris, S. K., Thrall, J. S., & Woods, E. R. (2002). Association of adolescent risk behaviors with mental health symptoms in high school students. Journal of Adolescent Health, 31(3), 240–246. https://doi.org/10.1016/S1054-139X(02)00385-3

Cho, S. M., & Shin, Y. M. (2013). The promotion of mental health and the prevention of mental health problems in child and adolescent. Korean Journal of Pediatrics, 56(11), 459–464. https://doi.org/10.3345/kjp.2013.56.11.459

Hagell A, Coleman J, B. F. (2015). Key Data on Adolescence 2015. Association for Young People’s Health.

Islam, M. I., Khanam, R., & Kabir, E. (2020). Bullying victimization, mental disorders, suicidality and self-harm among Australian high schoolchildren: Evidence from nationwide data. Psychiatry Research, 292(August), 113364. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113364

Kessler, R. C., Berglund, P., Demler, O., Jin, R., Merikangas, K. R., & Walters, E. E. (2005). Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of DSM-IV disorders in the National Comorbidity Survey Replication. Archives of General Psychiatry, 62(6), 593–602. https://doi.org/10.1001/archpsyc.62.6.593

Kieling, C., Baker-Henningham, H., Belfer, M., Conti, G., Ertem, I., Omigbodun, O., Rohde, L. A., Srinath, S., Ulkuer, N., & Rahman, A. (2011). Child and adolescent mental health worldwide: Evidence for action. The Lancet, 378(9801), 1515–1525. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60827-1

Lissak, G. (2018). Adverse physiological and psychological effects of screen time on children and adolescents: Literature review and case study. Environmental Research, 164(October 2017), 149–157. https://doi.org/10.1016/j.envres.2018.01.015

O’Connell, M. E., Boat, T., & Warner, K. E. (Eds.). (2009). Committee on the Prevention of Mental Disorders and Substance Abuse Among Children, Youth, and Young Adults: Research Advances and Promising Interventions. Preventing mental, emotional, and behavioral disorders among young people: progress and possibiliti. National Academies Press. https://doi.org/10.17226/12480

O’Reilly, M., Dogra, N., Whiteman, N., Hughes, J., Eruyar, S., & Reilly, P. (2018). Is social media bad for mental health and wellbeing? Exploring the perspectives of adolescents. Clinical Child Psychology and Psychiatry, 23(4), 601–613. https://doi.org/10.1177/1359104518775154

Rothon, C., Head, J., Klineberg, E., & Stansfeld, S. (2011). Can social support protect bullied adolescents from adverse outcomes? A prospective study on the effects of bullying on the educational achievement and mental health of adolescents at secondary schools in East London. Journal of Adolescence, 34(3), 579–588. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2010.02.007

Stuart, G. W. (2013). Principles and practice of psychiatric nursing (10th ed.). Mosby.

WHO. (2013). Mental Health Action Plan 2013-2020. World Health Organization.

Yuhbaba, Z. N., Budiman, M. E. A., Suswati, W. S. E., & Wirasakti, G. (2022). Increasing Assertive Behavior in Adolescents in Islamic Boarding Schools Through Assertive Training. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 4(1), 1-5.


Article Metrics

Abstract view : 735 times
PDF - 8063 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.537-544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.