Kecerdasan Spiritual dalam Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama
(1) STIKES Surya Global Yogyakarta
(2) STIKES Surya Global Yogyakarta
(3) STIKES Surya Global Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penindasan atau bullying merupakan masalah utama dalam Masyarakat yang berersiko memperburuk kondisi kesehatan, social dan pendidikan di masa anak remaja. Dampak bullying diarasakan oleh semua pihak baik itu korban, pelalaku dan saksi. Secara data dunia satu dari tiga anak pernah mengalami intimidasi dalam 30 hari terakhir. Konsekuensi yang dihadapi adalah perkembangan tumbuh dan kembang, trauma pada masa dewasa. Penelitian dilakukan bertujuan mengetahui kecerdasan spiritual remaja dalam perilaku bullying yagn dilakukan oleh remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 69 responden. Kuesioner yang adalah kecerdasan spiritual dan perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang siginifikan antara perilaku spiritual dengan perilaku bullying pada remaja dengan nilai 0,000 (0<0,05), yang artinya kecerdasan spiritual remaja yang rendah menghadirkan perilaku bullying yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Ghuddah, A. F. (2019). Rasulullah Sang Guru (Tim Editor Arafah, Ed.; I).
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (n.d.). Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja. In & Saripah | (Vol. 19).
Akbar, M. I. I., & Fatah, M. Z. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal …, 12, 863–870. http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/209%0Ahttp://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/download/209/304
Annur, C. M. (2024, February 20). Ada 30 Kasus Bullying Sepanjang 2023, Mayoritas Terjadi di SMP. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/20/ada-30-kasus-bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smp
Austrianti, rifka; Andayani, R. putri. (2019). Promosi kesehatan jiwa masyarakat menghadapai era new normal. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 1–8.
Bachri, Y., Putri, M., Yuli, ), Sari, P., Ningsih, R., Program, ), Keperawatan, S. I., Kesehatan, F., Muhammadiyah, U., Barat, S., Bypass, J., 01, N., Birugo, A., Baleh, T., & Bukittinggi, K. (2021). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Remaja 1*). In Jurnal Salingka Abdimas (Vol. 1, Issue 1).
Darmawan, A. I., & Setyaningrum, N. (2021). Perilaku Sosial Remaja dalam Perspektif Tokoh Masyarakat. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 157–164.
Darmawan, A. I., Wardhaningsih, S., Studi, P., Keperawatan, M., & Muhammadiyah, U. (2020). Peran Spiritual Berhubungan Dengan Perilaku Sosial Dan Spiritual Role Dealing With Social and Sexual Behavior of Youth. Keperawatan Jiwa, 8(1).
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306
Hamidah, M. (2020). Religiusitas Dan Perilaku Bullying Pada Santri Di Pondok Pesantren. Psycho Holistic, 2(1). http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic
Himawan, F., Suparjo, S., & Hudinoto, H. (2021). Edukasi Dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh Dengan Dzikir Dan Herbal Di Kelurahan Debong Kulon Tegal. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.36308/jabi.v2i1.245
Iftikhar, M., Waheed Sardar Bahadur Khan, Z., Khan Yousafzai, S., & Imran Qureshi, M. (2020). Traditional Bullying and Cyber Bullying: Prevalence, Effects and Workplace Spirituality As an Antibullying Policy. International Journal of Management (IJM, 11(11), 2165–2186. https://doi.org/10.34218/IJM.11.11.2020.204
Ihzario, M., Akbar, I., & Fatah, M. Z. (n.d.). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–158.
Majid, Z. A. (2016, December 9). Pergaulan dalam Pandangan Islam. NUonline. https://m.nu.or.id/opini/pergaulan-dalam-pandangan-islam-iwfnF
Ningrum, Rr. E. C., Matulessy, A., & Rini, Rr. A. P. (2019). Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124. https://doi.org/10.32528/ins.v15i1.1669
Noviandari, H., Padillah, R., & Rhomadoni, F. (2022). Hubungan Self Control Terhadap Perilaku Bullying. 1(1). https://doi.org/10.36526/.Research
Nur Aisah, E., Masrukhan, L., Diah Kurniawati, N., Sunandar, A., & Tengku Ramly, A. (n.d.). Diversity UIKA Bogor Model Konseling Islam Dalam Menangani Korban Bullying Pada Remaja. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.8620
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rifai, A. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(2), 257–291.
Utami, T. W., Fadilah, A., & PH, L. (2019). the Relationship Between Bullying Andhelplessness in Adolescent. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7, 159–164.
Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976
Widodo, A., & Hakiki, N. (2022). Body Shaming pada Remaja Putri: Solusi Perundungan (Bullying) Berbasis Nilai-Nilai Islam. In Assertive: Islamic Counseling Journal (Vol. 01, Issue 2).
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 32 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.2.2024.377-384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.