GAMBARAN PERILAKU ORANG TUA DALAM STIMULASI PADA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN USIA 0-6 TAHUN
(1) STIKES Kendal
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan merupakan suatu perubahan yang tejadi pada anak yang dapat dilihat dari aspek motorik, emosi, kognitif dan psikososial interaksi anak terhadap lingkungan. Perkembangan anak paling pesat pada umur 0-6 tahun biasanyadisebut sebagai masa keemasaan atau the goldenages. Pada masa ini faktor stimulasi menjadi sangat penting dalam suatu perkembangan anak agar kemampuan anak terganggu meliputi perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa dan kemampuan sosial. Tuhuan penelitian untuk mengetahui perilaku orang tua dalam menstimulasi anak usia 0-6 tahun di kecamatan Gringsing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriftif dengan menggunakan pendekatan metode survey. Tehnik pengembalian sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 65 responden. Alat penggumpulan data menggunakan kuesioner perilaku. Penelitian ini didapatkan hasilsebagian besar orang tua memiliki perilaku baik yaitu sebanyak 56 responden (86,2%), sebagian kecil memiliki perilaku cukup yaitu sebanyak 9 responden (13,8%) dan ≥35% responden belum melakukan motorik halus. Orang tua dapat mencari informasi tentang stimulasi perkembangan anak usia 0-6 tahun dengan jalan sering membaca buku, majalah, membuka internet bertanya kepada tenaga kesehatan, kader Posyandu, teman, atau keluarga untuk meningkatkan stimulasi perkembangan anak usia 0-6 tahun akan meningkat.
Kata kunci: Perilaku orangtua , stimulasi perkembangan anak
IDENTIFIEDTHE BEHAVIOR OF PARENTS IN STIMULATING CHILDREN AGED 0-6 YEARS
ABSTRACT
Development a change that happen in children that can be seen from the motorik, emotional, cognitive and psychosocial aspects of the child's interaction with the environment. The most rapid child development at the age of 0-6 years is usually called as the golden age or the goldenages. At this time the stimulation factor becomes very important in a child's development so that the ability of children disturbed include the to development of soft motorik, coarse motorik, language and social ability. Objectiveb to identifiedthe behavior of parents in stimulating children aged 0-6 years in Gringsing district. This research descriptive quantitative research by using survey method approach. The technique of returning this sample with that purposive sampling and be found sample of 65 respondents. The instrument to collect data used questionnaire. This research got the result most parents have good behavior that as much 56 respondents 86,2%), some have enough behavior which 9 respondents (13,8%) and ≥35% of respondents have not done fine motor skills. Expected to find information about the stimulation of development of children aged 0-6 years by often reading books, magazines, opening the internet asking health workers, Posyandu cadres, friends, or family so that knowledge of developmental stimulation of children aged 0-6 years will increase.
Keywords: Parent behavior, Child development stimulation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. (EdisiRevisi). Jakarta : RinekaCipta.
Cahyaningrum (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Tingkat Perkembangan Pada Anak Usia 3-5 Tahun di Kelurahan Kranggan Temanggung. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Yogyakarta.
Depkes RI,( 2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.
Depkes (2012). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012.http://www.bkkbn.go.id/litbang/pusdu/HasilPenelitian/SDKI2012/LaporanPendahuluanSDKI 2012.pdf. Diakses tanggal 10 Mei 2013
Donna L. Wong…[et.al]. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Alih bahasa : Agus Sutarna, Neti. Juniarti, H.Y. Kuncoro. Editor edisi bahasa Indonesia : Egi Komara Yudha….[et al.]. Edisi 6. Jakarta : EGC
Fadlyana E. dan Larasaty S. (2009). Pernikahan Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri. Vol. 11, No. 2, Agustus 2009.
Farah, J. M. (2008). Environmental stimulation, parental nurturance and cognitive development in humans. Journal Developmental Science Vol 11, No.5, 793-801. doi: 10.1111/j.1467 7687.2008.00688. http://www.psych.upenn.edumfarah/Development Enviro Stim Pare ntalNurt .pdf. (diakses tanggal 27 Maret 2018)
Guyton, Hall JE.(2007). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran (Terjemahan). 11 ed. Rachman RY, Hartanto H, Novrianti A, Wulandari N, editors. Jakarta: EGC; P. 423-35
Harlimsyah. (2007). Aspek-Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: EGC
Hidayat AA, (2008) metode penelitian kebidanan teknik analisis data. Salemba medika.
Hidayat A.A., (2010). Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif, Jakarta: Heath Books
Hurlock (2014). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan SepanjangRentangKehidupan. Jakarta: Erlangga
Irawan, S. (2014). Gambaran Perilaku Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Toddler Di Pendidikan Anak Usia Dini Mekarsari Pucangombo Tegalombo Pacitan. Naskah Publikasi. Prodi keperawatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kerlinger. (2006). Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
Kosegeran, H. B. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini Denganperkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Ranoketang Atas. ejournal keperawatan (e-Kp) Volume 1. Nomor 1. Agustus 2013.
Marischa, S. (2016). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 0 – 5 Tahun Di Desa Bumi Aji Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Bandar Lampung.
Narendra, M.S, dkk. (2002). Buku Ajar I Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Edisi Pertama IDAI. Jakarta : Sagung Seto
Notoatmodjo, Soekidjo (2007). Pendidikan dan Perilaku kesehatan.Cetakan 2 Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Notoarmodjo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nursalam. (2003). Konsep Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.
(Edisi Pertama). Jakarta: Salemba Medica
Nursalam, (2008). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks
Santrock, jhon.W. (2012).life span development. 13th edition.unuvercity of texas, dallas: Mcgraw hill
Siagian, P. Sondang (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Soetjiningsih (1998). Tumbuh kembang. Jakarta :EGC
Soetjiningsih. (2007).Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Penerbit Buku Kedokteran.
Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Edisi 1. Jakarta. Prenada Media Group.
Susilaningrum, R. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan anak untuk Perawat danBidan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika
Sulistyawati, A. (2014). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta Selatan : Salemba Medika
Supartini.(2015).Hubungan Pemberian ASI Ekslusif Dengan Perkembangan
Motorik Kasar Pada Anak Usia 6-36 Bulan. Jurnal Kebidanan. 2015;5.Epub maret 2015.
Swarjana, LK. (2016), Metode Penelitian Kesehatan (edisi revisi) , Yogyakarta: ANDI
Udiyono, Ari. (2007). Metodologi Penelitian Kesehatan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Wawan A & Dewi N., 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Wong, L. Donna. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Vol. 1. Edisi 6. . Jakarta:EGC.
Article Metrics
Abstract view : 6078 timesPDF - 3841 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.