GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA

Putri Dewi Ambarwati(1), Sambodo Sriadi Pinilih(2*), Retna Tri Astuti(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


masalah yang banyak dialami oleh usia dewasa awal yaitu harus membuat keputusan mengenai karir, pernikahan, stres pekerjaan & keluarga, ansietas, dan depresi. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya stres yaitu faktor internal dan eksternal, faktor eksternal terdiri dari keadaan fisik, konfik, emosional, dan perilaku. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan fisik, lingkungan pekerjaan, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, masalah ekonomi, dan masalah hukum. Beban stres yang dirasa berat dapat memicu seseorang untuk berperilaku negatif, seperti merokok, alkohol, tawuran, seks bebas bahkan penyalahgunaan napza. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik mahasiswa tingkat akhir dan mengetahui tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Muhammadiyah Magelang. Penelitian ini menggunakan desain deskritif kualitatif dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel sebanyak 101 mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitan menunjukkan bahwa rata-rata usia mahasiswa 22,01 tahun. Rata-rata masa studi untuk program Diploma III (D3) adalah 6,00 semester, untuk program Sarjana (S1) rata-ratanya adalah 8,05 semester. Tingkat stres pada mahasiswa menunjukkan stres ringan sebanyak 35,6%, stres sedang 57.4 %, dan stres berat sebanyak 6,9 %. Tingkat stres tertinggi dialami oleh jenis kelamin perempuan dengan hasil stres sedang 33,6 %, dan tingkat stres berat 4,0%. Gambaran tingkat stres pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Magelang menunjukkan stres sedang sebanyak 33,6 %.

 

Kata Kunci: Mahasiswa, Stres


THE DESCRIPTION OF STRES LEVELS INCOLLEGE STUDENT ATMUHAMMADIYAH UNIVERSITY MAGELANG

 

ABSTRACT

The problem that many experienced by the early adult age is having to make decisions about career, marriage, job & family stres, anxiety, and depression. Factors that because stres are internal and external factors, external factors consist of physical condition, conflicts, emotional, and behavior. While external factors consist of physical environment, work environment, community environment, family environment, economic problems, and legal issues. Heavily burdened stres can trigger a person to behave negatively, such as smoking, alcohol, brawl, free sex and even drug abuse. This study aims to determine the characteristics of college student and know the level of stres in the college student at the university of muhammadiyah magelang. This research used descriptive qualitative design with cross sectional approach with sampling technique using purposive sampling, 101 college student samples. Instrument used is a questionnaire. Indicated that the average age of college student was 22.01 years. The average duration of program for Diploma III (D3) was 6,00 semesters. For the undergraduate program (S1) the average was 8.05 semesters. The college student stres level showed a mild stres of 35.6 %, moderate stres 57.4 %, and severe stres as many as 6.9 %. The highest level of stres experienced by female with moderate stres 33.6 %, and Severe stres 4.0 %. Description of stres level in college student at Muhammadiyah University of Magelang shows moderate stres as much as 33.6%.

 

Keywords: College student, stres


Full Text:

PDF

References


Alimul Hidayat, Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan TekhnikAnalisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Alvin, N. (2007). Handling Study Stres: Panduan agar Anda Bisa Belajar bersama Anak-Anak Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arif Sumantri (2011) Metode Penelitian Kesehatan. Edisi pertama. Jakarta:Kencana 2011

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (EdisiRevisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Bulo and Sanchez, (2014). Sources of Stres Among Colleges Students. CVCITC Research Journal,1 (1), 16-25

Carolin. (2010). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Medan: FK USU

Evanjeli, A. L. (2012). Hubungan Antara Stres, Somatisasi Dan Kebahagiaan. LaporanPeneltian (hal. 1-26). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UniversitasGadjah Mada

Fitasari, Isna Nur. (2011). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres padaMahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Surabaya: FKM Airlangga.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Goff, A.M. (2011). Stresor, Academic performance and learned resourcefulness inbaccalaureate nursing student. International Journal of Nursing Education Scholarship. 923 –154

Habeeb, Kholoud Abdulrahman. (2010). Prevalence of Stresors among FemaleMedicalStudents. Journal of Taibah University Medical Sciences 2010; 5(2): 110 – 119.

Hidayat, A.A. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba medika.

Hurlock, E,B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Kaplan, H., & Sadock, B. (2005). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Prilaku PsikiatriKlinis. Jakarta: Binarupa Aksara.

Koochaki, G.M., et al. (2009). Prevalence of stres among Iranian medical students: a questionnaire survey. Eastern Mediterranean Health Journal 2011; 17 (7): 593-594.

Nurihsan, A. J. dan Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama

Nasir, Abdul dan, Abdul, Muhith. (2011). Dasar-dasar Keperawatan jiwa, Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika

Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Notoadmodjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. (2013). Konsep dan Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta:Salemba Medika.

Olpin, M., Hesson, M., (2009). Stres management for life. 2th edition. USA: Wadswot Cengage Learning

Pathmanathan, V & Husada, S.(2013). Gambaran Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Semester Ganjil TahunAkedemik 2012/2013. E-Journal FK USU Vol. 1 No.1, 2013

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (PERMENRISTEKDIKTI) Nomor 44 Tahun 2015

Potter & Perry, A.G. (2009). Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.

Potter & Perry. (2005). Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Psychology Foundation of Australia., (2010). Depression anxiety stres scale. http://www.psy.unsw.edu.au/group/dass. [Diakses: 10 Maret 2017].

Sastroasmoro, S. (2008). Pemilihan Subyek Penelitian. Dalam: Sastroasmoro, S.,Ismael,S., ed. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Silalahi, Novrita. (2010). Gambaran Stres pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Medan: FK USU.

Smeltzer, S.C.dan Bare, B. G. (2008). Brunner And Sudarth’s textbook of medical-surgical nursing. Terj. Agung. Jakarta: EGC.

Stuart, & Sundeen. (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 4. Jakarta: EGC.

Sugiarto, D (2012). Hubungan Kecerdasan Dengan Daya Tahan Stres Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Skripsi.ha1-19

Sukoco, A. S. (2014). Hubungan Sense of Humor Dengan Stres Pada Mahasiswa BaruFakultas Psikologi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-10

Sundari, J. (2012). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Intensitas Olahraga Pada Mahasiswa Reguler 2008 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: FIK UI.

Sutjiato, Margareth, Kandou, G. D., Tucunan, A. A. T. (2015).HubunganFaktor-faktorInternaldan eksternal Dengan Tingkat Stres PadaMahasiswa Fakultas Kedokteran UniversitasSam Ratulangi Manado. Artikel ilmiah.Manado: FKM Universitas Sam Ratulangi Manado.

Swarjana, I Ketut. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: CVANDI OFFSET.

Weiten, W. & Lloyd, M.A. (2006). Psychology Applied Modern Life: AdjustmentInThe 21st Century. (8th Ed.).California: Thomson Higher Education.

Yusuf, LN. Syamsu. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Rosida.


Article Metrics

Abstract view : 79239 times
PDF - 40118 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.