LEVEL KECEMASAN SISWA MENJELANG UJIAN NASIONAL
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Kecemasan sering terjadi pada semua orang, khususnya pada siswa sekolah ketika menjelang ujian nasional, sehingga mereka mengalami berbagai respon kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui level kecemasan pada siswa sekolah dasar ketika menjelang ujian nasional. Peneltian ini menggunakan metode peneltian deskkriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN 02 Bandengan Kendal.Pengumpulan data menggunakan Zung Anxiety Scale. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan inferensial statistik. Hasil penelitian menunjukkan 82,50% responden mengalami kecemasan ringan. penelitian lebih lanjut diharapkan melengkapi dengan variabel lain seperti tingkat prestasi siswa.
Kata kunci : Kecemasan, siswa , ujian nasional
LEVEL OF ANXIETY OF STUDENTS APPROACHING THE NATIONAL EXAM
ABSTRACT
Anxiety were often occurs in elementary school students when they have an national examination, with various responses. The purpose of this study is to determine the level of anxiety in elementary school students who facing a national examination. This study uses a qualitative descriptive research method and uses cross sectional approach. The subject of this research is the sixth grade students in SDN 02 Bandengan Kendal Collecting data uses the Zung Anxiety Scale. Analysis of the data in this study uses inferential statistics. The results showed 82.50% respondents had a light anxiety.
further research is expected to complement with other variables such as the level of student achievement.
Keywords: Anxiety, students, national exam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiar, Wisnawati. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri “X” Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Psi/article/viewFile/76/73. Diakses 17 September 2015.
Carpenito, L. J. (2001). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Terjemahan oleh Monica Ester. Jakarta: EGC
. (2009). Rencana Asuhan Dan Pendokumentasian Keperawatan, Alih Bahasa Monica Ester Edisi 1. Jakarta: EGC
Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Bandung : Sarana Tutorial Nurani sejahtera.
Dinas Pendidikan Kab.Kendal. (2014). Jumlah Kelulusan Siswa SD/MI/SMP/SMA/MA/SMK Negeri dan Swasta
Nurhayati,Eti. (2009). Pengaruh Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma, Vol.1. Diperoleh 2 februari 2016.
Pangastuti, Maya. (2014). Efektifitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional (UN) Pada Siswa SMA. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/367. Diakses 17 September 2015.
Riyadi, Purwanto. (2013). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Roan, M. (1999). Ilmu Kedokteran Jiwa, Psikiatri, Edisi I. Jakarta: Direktorat Kesehatan RI
Smeltzer, Suzanne.C & Bare, Brenda.G. (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah. Edisi 8.Volume 1.Jakarta:EGC.
Stuart, Gail W. (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta : EGC.
UU RI No. 20. (2003). Definisi pendidikan https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/12/04/definisi-pendidikanmenurut-uu-20-tahun-2003-tentang-sisdiknas/. Diakses 16 September 2015
Article Metrics
Abstract view : 1177 timesPDF - 262 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.60-67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.