Pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan remaja korban bullying

Susanti Niman, Monika Saptiningsih, Clara Tania

Abstract


Tindakan bullying menimbulkan kecemasan dan harga diri rendah  pada korban. Remaja SMA korban bullying yang menjadi takut, dan malas pergi sekolah. Tujuan penelitian untuk diketahuinya pengaruh terapi menulis ekspresif  terhadap tingkat kecemasan. Kecemasan merupakan respons emosional ditandai dengan rasa takut, tegang dan gelisah. Menulis ekspresif adalah metode menulis untuk mengungkapkan  pengalaman emosional. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Instrumen menggunakan kuesioner Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS-42) dengan mengambil subskala anxiety. Teknik sampel menggunakan total sampling sebanyak 20 korban bullying yang menderita kecemasan.  Analisa dilakukan dengan uji paired t-test. Hasil : p- value = 0,000 (< 0,05). Ada pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan.

 

Kata kunci: kecemasan, korban bullying, terapi menulis ekspresif

 

EFFECT OF EXPRESSIVE WRITING THERAPY

TOWARDS THE LEVEL OF ANXIETY ANALYSIS OF VICTIMS OF BULLYING

 

ABSTRACT

Bullying causes anxiety and low self-esteem to the victim. Bullying teenagers who become scared, and are lazy to go to school. The purpose of this study was to determine the effect of expressive writing therapy on anxiety levels. Anxiety is an emotional response characterized by fear, tension and anxiety. Expressive writing is a method of writing to express emotional experiences. The research method uses quantitative with pre-experimental one group pretest-posttest design. The instrument uses the Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS-42) questionnaire by taking the anxiety subscale. The sampling technique uses a total sampling of 20 bullying victims who suffer from anxiety. Analysis is done by paired t-test. Results: p-value = 0,000 (<0.05). There is an effect of expressive writing therapy on anxiety levels.

 

Keywords: anxiety, victims of bullying, expressive writing therapy


Keywords


Anxiety, victim of bullying, expressive writing therapy

Full Text:

PDF

References


Harvina, Nunung, dkk. 2010. Hubungan Antara Kebutuhan Berkuasa Dan Tindakan Bullying. Universitas Kristen Satya Wacana. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 20.40 WIB

Ikhsani, Leli Nurul. 2015. Studi Fenomenologi: Dinamika Psikologis Korban Bullying Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 15.47 WIB

Latifah, Fika. 2012. Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekolah Dengan Kejadian Bullying Di Sekolah Dasar X Di Bogor. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 21.00 WIB

Maramis, Willy F. 2009. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press

Masruroh, N, dkk. 2016. Pengalaman Bullying Berdasarkan Perspektif Pelaku, Korban, dan Saksi Mata Pelajar SMP “X” Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 12.18 WIB

Murti, Dahlia Reyza. 2013. Pengaruh Expressive Writing Terhadap Penurunan Depresi Pada Remaja SMK di Surabaya. Jurnal psikologi Klinis dan Kesehatan Mental.

Pennebaker, J W. 2007. Writing About Emotional Experiences as a Therapeutic Psychological Science. Ed. 8

Pennebaker, J. W., & Chung C. K. 2007. Expressive Writing, Emotional Upheavals, and Health. New York: Oxford University Press

_________________________________. 2007. Expressive Writing: Connections to Physical and Mental Health. New York: Oxford University Press

Putri, Amilda. 2010. Menulis Buku Harian Sebagai Media Katarsis Stress Remaja Di Pelayanan Sosial. Diperoleh 23 Mei 2017 pukul 19.40 WIB

Qanitatin, Novi, Sri Widyawati, Gusti Yuli Asih. 2011. Pengaruh Katarsis dalam Menulis Ekspresif Sebagai Intervensi Depresi Ringan Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip.

Rohmadani, Zahro Varisna. Relaksasi dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan Pada Difabel Daksa. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Diperoleh 21 Maret 2017 pukul 17.11 WIB

Saifudin, Nur Kholidin. 2015. Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa Kelas XII Ma Ruhul Amin Yayasan SPMMA (Sumber Pendidikan Mental Agama Allah) Turi di Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal STIKes Muhammadiyah Lamongan.

Soedjatmiko, dkk. 2013. Gambaran Bullying dan Hubungannya Dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Diperoleh 30 November 2016 pukul 18.40 WIB

Sucipto. 2012. Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya. FKIP Universitas Muria Kudus. Diperoleh 6 Mei 2017 pukul 16.53 WIB

Susanti, Reni dan Sri Supriyantini. 2013. Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi.

Niman, S. 2018. Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Korban Bullying. Prosiding Konferensi Nasional Keperawatan Kesehatan Jiwa

Susilowati, Yeni. 2013. Pengaruh Kegiatan Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang. Universitas Negeri Malang. Diperoleh 17 Mei 2017 pukul 19.16 WIB

Videbeck, Sheila L.2014. Psychiatric-Mental Health Nursing. Ed. 6. Philippine: Philippines




DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.181-184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.