Pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan remaja korban bullying
(1) STIKes Santo Borromeus Bandung
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tindakan bullying menimbulkan kecemasan dan harga diri rendah pada korban. Remaja SMA korban bullying yang menjadi takut, dan malas pergi sekolah. Tujuan penelitian untuk diketahuinya pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan. Kecemasan merupakan respons emosional ditandai dengan rasa takut, tegang dan gelisah. Menulis ekspresif adalah metode menulis untuk mengungkapkan pengalaman emosional. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Instrumen menggunakan kuesioner Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS-42) dengan mengambil subskala anxiety. Teknik sampel menggunakan total sampling sebanyak 20 korban bullying yang menderita kecemasan. Analisa dilakukan dengan uji paired t-test. Hasil : p- value = 0,000 (< 0,05). Ada pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan.
Kata kunci: kecemasan, korban bullying, terapi menulis ekspresif
EFFECT OF EXPRESSIVE WRITING THERAPY
TOWARDS THE LEVEL OF ANXIETY ANALYSIS OF VICTIMS OF BULLYING
ABSTRACT
Bullying causes anxiety and low self-esteem to the victim. Bullying teenagers who become scared, and are lazy to go to school. The purpose of this study was to determine the effect of expressive writing therapy on anxiety levels. Anxiety is an emotional response characterized by fear, tension and anxiety. Expressive writing is a method of writing to express emotional experiences. The research method uses quantitative with pre-experimental one group pretest-posttest design. The instrument uses the Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS-42) questionnaire by taking the anxiety subscale. The sampling technique uses a total sampling of 20 bullying victims who suffer from anxiety. Analysis is done by paired t-test. Results: p-value = 0,000 (<0.05). There is an effect of expressive writing therapy on anxiety levels.
Keywords: anxiety, victims of bullying, expressive writing therapy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harvina, Nunung, dkk. 2010. Hubungan Antara Kebutuhan Berkuasa Dan Tindakan Bullying. Universitas Kristen Satya Wacana. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 20.40 WIB
Ikhsani, Leli Nurul. 2015. Studi Fenomenologi: Dinamika Psikologis Korban Bullying Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 15.47 WIB
Latifah, Fika. 2012. Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekolah Dengan Kejadian Bullying Di Sekolah Dasar X Di Bogor. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 21.00 WIB
Maramis, Willy F. 2009. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press
Masruroh, N, dkk. 2016. Pengalaman Bullying Berdasarkan Perspektif Pelaku, Korban, dan Saksi Mata Pelajar SMP “X” Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang. Diperoleh 5 Mei 2017 pukul 12.18 WIB
Murti, Dahlia Reyza. 2013. Pengaruh Expressive Writing Terhadap Penurunan Depresi Pada Remaja SMK di Surabaya. Jurnal psikologi Klinis dan Kesehatan Mental.
Pennebaker, J W. 2007. Writing About Emotional Experiences as a Therapeutic Psychological Science. Ed. 8
Pennebaker, J. W., & Chung C. K. 2007. Expressive Writing, Emotional Upheavals, and Health. New York: Oxford University Press
_________________________________. 2007. Expressive Writing: Connections to Physical and Mental Health. New York: Oxford University Press
Putri, Amilda. 2010. Menulis Buku Harian Sebagai Media Katarsis Stress Remaja Di Pelayanan Sosial. Diperoleh 23 Mei 2017 pukul 19.40 WIB
Qanitatin, Novi, Sri Widyawati, Gusti Yuli Asih. 2011. Pengaruh Katarsis dalam Menulis Ekspresif Sebagai Intervensi Depresi Ringan Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip.
Rohmadani, Zahro Varisna. Relaksasi dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan Pada Difabel Daksa. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Diperoleh 21 Maret 2017 pukul 17.11 WIB
Saifudin, Nur Kholidin. 2015. Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa Kelas XII Ma Ruhul Amin Yayasan SPMMA (Sumber Pendidikan Mental Agama Allah) Turi di Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal STIKes Muhammadiyah Lamongan.
Soedjatmiko, dkk. 2013. Gambaran Bullying dan Hubungannya Dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Diperoleh 30 November 2016 pukul 18.40 WIB
Sucipto. 2012. Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya. FKIP Universitas Muria Kudus. Diperoleh 6 Mei 2017 pukul 16.53 WIB
Susanti, Reni dan Sri Supriyantini. 2013. Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi.
Niman, S. 2018. Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Korban Bullying. Prosiding Konferensi Nasional Keperawatan Kesehatan Jiwa
Susilowati, Yeni. 2013. Pengaruh Kegiatan Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang. Universitas Negeri Malang. Diperoleh 17 Mei 2017 pukul 19.16 WIB
Videbeck, Sheila L.2014. Psychiatric-Mental Health Nursing. Ed. 6. Philippine: Philippines
Article Metrics
Abstract view : 4232 timesPDF - 1039 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.181-184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.