Systematic Review : Intervensi Terapi Musik terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autisme
(1) Universitas Andalas
(2) Universitas Andalas
(3) Universitas Andalas
(*) Corresponding Author
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan manusia dengan manusia lainnya atau hubungan manusia dengan kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intervensi terapi musik terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak autisme. Metode penelitian berupa systematic review ini dimulai dari pencarian data menggunakan 5 database yaitu Science Direct, PuBmed, SAGE, Taylor & Francis Online (Tandfonline), dan Google Scholar dengan rentang tahun 2013-2020 dengan jumlah 1.031 artikel. Ditemukan 9 artikel yang memenuhi kriteria yang dinilai menggunakan the JBI critical appraisal tools. Hasil telaah artikel yang telah dilakukan adalah terapi musik diberikan dengan berbagai metode seperti improvisasi, mendengarkan musik, dan menyanyi. Jenis musik yang diberikan adalah murrotal Al-Qur’an, musik klasik, dan musik instrumental. Kesimpulan dari telaah artikel ini adalah metode yang bisa diberikan adalah metode improvisasi dengan durasi waktu minimal 30 menit dan durasi waktu maksimal adalah 60 menit. Jenis musik yang bisa diberikan adalah murrotal Al-Qur’an dan musik klasik. Rekomendasi dalam penelitian adalah melakukan intervensi terapi musik dengan metode improvisasi, jenis musik murrotal Al-Qur’an dan musik klasik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, A., Khasanah, U., & Isworo, A. (2019). Terapi Audio dengan Murottal Alquran Terhadap Perilaku Anak Autis: Literature Review. 1(2):81–83
Astuti, A, Suryono, Widyawati, M.N., Suwondo, A. & M. (2017). Effect of Audio Therapy Using Al-Qur’an Murrotal on. Belitung Nurs J. 3(5):470–7. https://doi.org/10.33546/bnj.189
Bharathi G, Venugopal A, Vellingiri B. (2019). Music therapy as a therapeutic tool in improving the social skills of autistic children. Egypt J Neurol Psychiatry Neurosurg. 55(1). https://doi.org/10.1186/s41983-019-0091-x
Daulay N-. (2017). Struktur Otak dan Keberfungsiannya pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autis: Kajian Neuropsikologi. Bul Psikol. 25(1):11–25. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.25163
Eren B. (2015). The Use of Music Interventions to Improve Social Skills in Adolescents with Autism Spectrum Disorders in Integrated Group Music Therapy Sessions. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 197(February):207–13. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.125
Fueyo M, Caldwell T, Mattern SB, Zahid J, Foley T. (2015). The health home: A service delivery model for autism and intellectual disability. Psychiatr Serv. 2015;66(11):1135–7
Hosseini M, Fayyaz I, Arab S, Naghashian H, Poudineh Z, Ghasemtabar S. (2015). Music therapy: An effective approach in improving social skills of children with autism. Adv Biomed Res; 4(1):157
Idayanti, & Sartika, D. (2016). Efektivitas Terapi Musik Klasik Mozart terhadap Memori Anak Penyandang Autis. Proteksi Kesehatan; 5(2)
Khanzadeh, A. A. H., & Imankhah, F. (2017). Research Paper: The Effect of Music Therapy Along With Play Theray on Social Behaviors and Stereotyped Behaviors of Children With Autism; 5(4):251-262
Kim J, Wigram T, Gold C. (2008). The effects of improvisational music therapy on joint attention behaviors in autistic children: A randomized controlled study. J Autism Dev Disord ;38(9):1758–66
Kriswanto YJ. (2020). Peran Musik Sebagai Media Intervensi Dalam Lingkup Praktik Klinis. J Seni dan Desain ;2(3):81–6
LaGasse AB. (2015). Effects of a music therapy group intervention on enhancing social skills in children with autism. J Music Ther ;51(3):250–75
LaGasse B. (2017). Social outcomes in children with autism spectrum disorder: a review of music therapy outcomes. Patient Relat Outcome Meas; Volume 8:23–32
Maria, S., Fitryasari, R., & Endang, H. (2014). Pengaruh Terapi Musik Mozart Terhadap Penurunan Perilaku Tantrum Pada Anak Autisme Di Sekolah Autis Harapan Bunda Surabaya ;2(1)
Mössler, K., Gold, C., Aßmus, J., Schumacher, K., Calvet, C., Reimer, S., Iversen, G., & Schmid, W. (2017). The Therapeutic Relationship as Predictor of Change in Music Therapy with Young Children with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders; 0(0):0
Rinakri, A. J. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (Latifah Pipih (ed.); Pertama). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Schwartzberg ET, Silverman MJ. (2013). Effects of music-based social stories on comprehension and generalization of social skills in children with autism spectrum disorders: A randomized effectiveness study. Arts Psychother; 40(3):331–7
Sharda M, Tuerk C, Chowdhury R, Jamey K, Foster N, Custo-Blanch M, et al. (2018). Music improves social communication and auditory–motor connectivity in children with autism. Transl Psychiatry [Internet]; 8(1). Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.1038/s41398-018-0287-3
Subiantoro M. (2018). The Role of Music Therapy in Promoting Communication and Social Skills in Children with Autism Spectrum Disorder: A Pilot Study; 133:252–7. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.14
Sumartini NP. (2020). Terapi Musik Klasik Memiliki Pengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Negeri Pembina Mataram. Midwifery J J Kebidanan UM Mataram; 5(2):123
Thompson GA, Mcferran KS, Gold C. (2014). Family-centred music therapy to promote social engagement in young children with severe autism spectrum disorder: A randomized controlled study. Child Care Health Dev; 40(6):840–52
Triandini E, Jayanatha S, Indrawan A, Werla Putra G, Iswara B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indones J Inf Syst; 1(2):63
Will MN, Currans K, Smith J, Weber S, Duncan A, Burton J, et al. (2018). Evidenced-Based Interventions for Children With Autism Spectrum Disorder. Curr Probl Pediatr Adolesc Health Care [Internet]; 48(10):234–49. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.cppeds.2018.08.014
Zablotsky B, Black LI, Blumberg SJ. (2017). Estimated Prevalence of Children With Diagnosed Developmental Disabilities in the United States, 2014-2016. NCHS Data Brief; (291):1–8
Article Metrics
Abstract view : 1560 timesPDF - 1241 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.2.2021.243-250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.