Pengalaman Belajar Praktik Ilmu Keperawatan Jiwa selama Masa Pandemi Covid-19: Pelajaran dari Salah Satu Sekolah Keperawatan Swasta di Banjarmasin, Indonesia
(1) Departeman Kesehatan dan Keperawatan Jiwa, STIKES Suaka Insan Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemic covid-19 memaksa perubahan dan adaptasi yang cepat dari semua sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan keperawatan. Tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah kesehatan pada umumnya adalah bagaimana melaksanakan praktik klinik yang harus dilakukan di tempat perawatan pasien, sementara pembatasan banyak dilakukan di mana-mana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa respon mahasiswa/I Pendidikan ilmu keperawatan yang melakukan praktik klinik ilmu keperawatan jiwa di laboratorium selama masa pandemic covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan menganalisa dokumen hasil refleksi yang dilakukan oleh mahasiswa/I pendidikan ilmu keperawatan semester V yang telah menyelesaikan pendidikan praktik mata ajar keperawatan jiwa II di laboratorium selama masa pandemi covid-19. Sembilan orang mahasiswa/I berhasil dipilih secara acak dan bertindak sebagai responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis diperkenalkan oleh Harold D. Lasswell dengan berpegang pada Mental health nursing Student’s Clinical Competency Model yang diperkenalkan oleh Atashzadeh-Shoorideh dan kawan-kawan pada tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa/I secara aktif menjalankan proses confronting dan involving, sedangkan dosen sebagai penggerak aktif dalam pembelajaran klinik selama masa praktik klinik di masa pandemic covid-19 memiliki peran yang vital yang membutuhkan lebih banyak perhatian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atashzadeh-Shoorideh, F., Mohtashami, J., Pishgooie, S. A. H., Jamshidi, T., & Sedghi, S. (2018). Effectiveness of implementation of “mental health nursing students’ clinical competency model” on academic performance of nursing students [version 2; referees: 2 approved]. F1000Research, 7(0), 1–11. https://doi.org/10.12688/f1000research.14284.2
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. In Qualitative Research Journal (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(0), 24–28. http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/282
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Martin, A., Weller, I., Amsalem, D., Adigun, A., Jaarsma, D., Duvivier, R., & de Carvalho-Filho, M. A. (2021). From Learning Psychiatry to Becoming Psychiatrists: A Qualitative Study of Co-constructive Patient Simulation. Frontiers in Psychiatry, 11(January). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.616239
Minghat, A. D., Ana, A., Purnawarman, P., Saripudin, S., Muktiarni, M., Dwiyanti, V., & Mustakim, S. S. (2020). Students’ Perceptions of the Twists and Turns of E-learning in the Midst of the Covid 19 Outbreak. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 15–26. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/242
Ramos-Morcillo, A. J., Leal-Costa, C., Moral-García, J. E., & Ruzafa-Martínez, M. (2020). Experiences of nursing students during the abrupt change from face-to-face to e-learning education during the first month of confinement due to COVID-19 in Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(15), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17155519
Rapley, T., & Jenkings, K. N. (2010). Document analysis. International Encyclopedia of Education, 380–385. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01522-0
Savitsky, B., Findling, Y., Ereli, A., & Hendel, T. (2020). Anxiety and coping strategies among nursing students during the covid-19 pandemic. Nurse Education in Practice, 46(June), 102809. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102809
Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947
Walsh, F. (2020). Loss and Resilience in the Time of COVID-19: Meaning Making, Hope, and Transcendence. Family Process, 59(3), 898–911. https://doi.org/10.1111/famp.12588
Zhai, Y., & Du, X. (2020). Addressing collegiate mental health amid COVID-19 pandemic. Psychiatry Research, 288(April), 113003. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113003.
Article Metrics
Abstract view : 581 timesPDF - 144 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.513-522
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.