Pengalaman Belajar Praktik Ilmu Keperawatan Jiwa selama Masa Pandemi Covid-19: Pelajaran dari Salah Satu Sekolah Keperawatan Swasta di Banjarmasin, Indonesia

Maria Frani Ayu Andari Dias(1*)


(1) Departeman Kesehatan dan Keperawatan Jiwa, STIKES Suaka Insan Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemic covid-19 memaksa perubahan dan adaptasi yang cepat dari semua sektor kehidupan manusia termasuk pendidikan keperawatan. Tantangan yang dihadapi oleh sekolah-sekolah kesehatan pada umumnya adalah bagaimana melaksanakan praktik klinik yang harus dilakukan di tempat perawatan pasien, sementara pembatasan banyak dilakukan di mana-mana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa respon mahasiswa/I Pendidikan ilmu keperawatan yang melakukan praktik klinik ilmu keperawatan jiwa di laboratorium selama masa pandemic covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan menganalisa dokumen hasil refleksi yang dilakukan oleh mahasiswa/I pendidikan ilmu keperawatan semester V yang telah menyelesaikan pendidikan praktik mata ajar keperawatan jiwa II di laboratorium selama masa pandemi covid-19. Sembilan orang mahasiswa/I berhasil dipilih secara acak dan bertindak sebagai responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis diperkenalkan oleh Harold D. Lasswell dengan berpegang pada Mental health nursing Student’s Clinical Competency Model yang diperkenalkan oleh Atashzadeh-Shoorideh dan kawan-kawan pada tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa/I secara aktif menjalankan proses confronting dan involving, sedangkan dosen sebagai penggerak aktif dalam pembelajaran klinik selama masa praktik klinik di masa pandemic covid-19 memiliki peran yang vital yang membutuhkan lebih banyak perhatian.


Keywords


covid-19; laboratorium; praktik; keperawatan jiwa; mahasiswa/i keperawatan

Full Text:

PDF

References


Atashzadeh-Shoorideh, F., Mohtashami, J., Pishgooie, S. A. H., Jamshidi, T., & Sedghi, S. (2018). Effectiveness of implementation of “mental health nursing students’ clinical competency model” on academic performance of nursing students [version 2; referees: 2 approved]. F1000Research, 7(0), 1–11. https://doi.org/10.12688/f1000research.14284.2

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. In Qualitative Research Journal (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(0), 24–28. http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/282

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Martin, A., Weller, I., Amsalem, D., Adigun, A., Jaarsma, D., Duvivier, R., & de Carvalho-Filho, M. A. (2021). From Learning Psychiatry to Becoming Psychiatrists: A Qualitative Study of Co-constructive Patient Simulation. Frontiers in Psychiatry, 11(January). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.616239

Minghat, A. D., Ana, A., Purnawarman, P., Saripudin, S., Muktiarni, M., Dwiyanti, V., & Mustakim, S. S. (2020). Students’ Perceptions of the Twists and Turns of E-learning in the Midst of the Covid 19 Outbreak. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 15–26. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/242

Ramos-Morcillo, A. J., Leal-Costa, C., Moral-García, J. E., & Ruzafa-Martínez, M. (2020). Experiences of nursing students during the abrupt change from face-to-face to e-learning education during the first month of confinement due to COVID-19 in Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(15), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17155519

Rapley, T., & Jenkings, K. N. (2010). Document analysis. International Encyclopedia of Education, 380–385. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01522-0

Savitsky, B., Findling, Y., Ereli, A., & Hendel, T. (2020). Anxiety and coping strategies among nursing students during the covid-19 pandemic. Nurse Education in Practice, 46(June), 102809. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102809

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947

Walsh, F. (2020). Loss and Resilience in the Time of COVID-19: Meaning Making, Hope, and Transcendence. Family Process, 59(3), 898–911. https://doi.org/10.1111/famp.12588

Zhai, Y., & Du, X. (2020). Addressing collegiate mental health amid COVID-19 pandemic. Psychiatry Research, 288(April), 113003. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113003.


Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF - 160 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.513-522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.