Kedekatan Kelompok Teman Sebaya dan Harga Diri pada Remaja Berhubungan dengan Perilaku Bully

Ni Luh Putu Erna Purnama Wardani(1), Dewi Aprelia Meriyani(2), Putu Sukma Megaputri(3*)


(1) Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(2) Program Studi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(3) Program Studi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying dapat menjadi masalah mental bagi remaja yang berdampak pada gangguan psikologis hingga bunuh diri, tidak hanya bagi korban tetapi juga bagi pelaku bullying. Penanganan dampak bullying selama ini hanya terfokus pada korban, perhatian juga harus diarahkan pada pelaku bullying, karena pelaku bullying merupakan aktor utama terjadinya bullying. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara harga diri dan kedekatan kelompok sebaya dengan perilaku bully pada remaja di Buleleng dan Jembrana. Metode penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil pada siswa SMP di Kabupaten Buleleng dan Jembrana. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dengan sebelumnya dilakukan analisis validitas dan reliabilitas kuesioner menggunakan 30 responden uji coba. Hasilnya bahwa terdapat 22 item kuesioner valid dan reliabiel. Jumlah sampel dalam penelitian ini 78 orang diambil secara stratified random sampling, kemudian dianalisis menggunakan rank spearmen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa harga diri memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku bully (r=-0,867 dan nilai p <0,005). Selain itu kedekatan teman sebaya juga memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku bully (r=-0,556 dan nilai p <0,005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga diri dan kedekatan kelompok sebaya secara signifikan berhubungan dengan perilaku bullying. Semakin tinggi tingkat harga diri dan kedekatan teman sebaya, semakin rendah perilaku bullying.


Keywords


harga diri; kedekatan teman sebaya; perilaku bully

Full Text:

PDF

References


Amini. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. PT. Grasindo.

CDC. (2011). Measuring Bullying Victimization, Perpetration, And Bystander Experiences; A Compendium Of Assessment Tools.

Copeland, W. E., Wolke, D., & Angold, A. (2013). Adult Psychiatric Outcomes of Bullying and Being Bullied by Peers in Childhood and Adolescence. JAMA Psychiatri, 70(4), 419–426.

Djaswelma, Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2015). Gaya Pengasuhan Ibu Dan Perilaku Bullying Remaja Pada Keluarga Bercerai Di Kota Bogor.

Fanti, K. A., & Henrich, C. C. (2015). Effects of Self-Esteem and Narcissism on Bullying and Victimization During Early Adolescence. Journal of Early Adolescence, 35(1), 5–29. https://doi.org/10.1177/0272431613519498

Gullone, E., & Robinson, K. (2005). The Inventory of Parent and Peer Attachment - Revised (IPPA-R) for children: A psychometric investigation. Clinical Psychology and Psychotherapy, 12(1), 67–79. https://doi.org/10.1002/cpp.433

Herman, H., Nurshal, D., & Oktarina, E. (2017). Hubungan Karakteristik Remaja Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Smp Di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.1.677

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, ; (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech Maret, 06(01), 1–2.

Khamis, V. (2015). Bullying Among School-Age Children in The Greater Beirut Area: Risk and Protective Factors. Child Abuse & Neglect, 39, 137–146. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2014.08.005

Lipnevich, A., Preckel, F., & Roberts, R. (2016). Psychosocial Skills and School Systems in the 21st Century: Theory, Research, and Practice. Springer International Publishing.

Mulyati. (2015). Hubungan tingkat harga diri dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah kelas iv dan v di SD Negeri Bumijo Yogyakarta.

Murphy, T. P., Laible, D., & Augustine, M. (2017). The Influences of Parent and Peer Attachment on Bullying. J Child Fam Stud, 26. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10826-017-0663-2

Nilan, P., Burgess, H., Hobbs, M., Threadgold, S., & Alexander, W. (2015). Youth, Social Media, and Cyberbullying Among Australian Youth: “Sick Friends.” Social Media and Society, 1(2). https://doi.org/10.1177/2056305115604848

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: Evaluation and dissemination of the olweus bullying prevention program. American Journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124–134. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2010.01015.x

Sandri, R. (2015). Perilaku Bullying Pada Remaja Panti Asuhan Ditinjau Dari Kelekatan Dengan Teman Sebaya Dan Harga Diri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 43–57.

Sterzing, P. R., Auslander, W. F., & Ratliff, A. (2017). Exploring Bullying Perpetration and Victimization Among Adolescent Girls in the Child Welfare System: Bully-Only, Victim-Only, Bully-Victim, and Noninvolved Roles. SAGE Journal, 35(5–6). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0886260517696864

Tolsma, J., van Deurzen, I., Stark, T. H., & Veenstra, R. (2013). Who is bullying whom in ethnically diverse primary schools? Exploring links between bullying, ethnicity, and ethnic diversity in Dutch primary schools. Social Networks, 35(1), 51–61. https://doi.org/10.1016/j.socnet.2012.12.002

Tural Hesapçioğlu, S., Yeşilova Meraler, H., & Ercan, F. (2018). Okullardaki akran zorbalığının ergenlerde depresif belirtiler, benlik saygısı ve özkıyım düşüncesi ile ilişkisi. Anadolu Psikiyatri Dergisi, 19(2), 210–216. https://doi.org/10.5455/apd.268900

Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 49–60.

WHO. (2016). Youth violence.

Widiharto, C. A. (2013). Perilaku Bullying, Harga Diri dan Pemahaman Moral Anak. Jurnal Psikologi Undip, 11(2).

Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(2), 1–10.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Zhao, R. B., & Chang, Y. C. (2019). Students’ Family Support, Peer Relationships, and Learning Motivation and Teachers Fairness Have an Influence on the Victims of Bullying in Middle School of Hong Kong. International Journal of Educational Methodology, 5(1), 111–121. https://doi.org/10.12973/ijem.5.1.111.


Article Metrics

Abstract view : 601 times
PDF - 157 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.579-588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.