Kebijakan Kampus Terkait Kesehatan Jiwa pada Mahasiswa: Literature Review
(1) Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(2) Program Studi Magister Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Sebagai insan akademik, mahasiswa dalam kegiatan akademiknya juga tidak terlepas dari stres. Penyebab stres atau stressor pada mahasiswa dapat terjadi karena kehidupan akademiknya, terlebih dari tuntutan eksternal dan tuntutan dari harapannya itu sendiri. Pada tuntutan eksternal dapat bermula dari tugas-tugas perkuliahan, beban pelajaran dan tuntutan orang tua untuk berhasil dalam proses akademiknya serta penyesuaian sosial yang ada di lingkungan kampusnya. Tuntutan ini termasuk juga kompetensi perkuliahan dan meningkatnya kompleksitas materi perkuliahan yang semakin lama semakin berkembang. Tujuan utama dari tinjauan literatur ini adalah mengetahui fenomena kebijakan kampus terkait masalah mental pada mahasiswa. Pada proses pencarian artikel dilakukan melalui database Pubmed dan Ebsco dengan kata kunci “mental health”, “wellbeing”, “campus policy”. Kemudian dilakukan telaah sesuai kriteria insklusi dan eksklusi untuk menentukan kelayakan artikel. Dari telaah 5 artikel, didapatkan hasil yaitu penyebab masalah kesehatan pada mahasiswa yaitu: transisi dari SMA menuju Perguruan Tinggi dan ketidakpuasan terhadap nilai akademik. Pengaruh dari permasalahan kesehatan mental pada mahasiswa adalah penurunan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan mental pada mahasiswa yaitu dengan melakukan skrining, dan untuk pengobatannya bisa diberikan suatu intervensi UVC berbasis online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bantjes, J., Lochner, C., Saal, W., Roos, J., Taljaard, L., Page, D., Auerbach, R. P., Mortier, P., Bruffaerts, R., Kessler, R. C., & Stein, D. J. (2019). Prevalence and sociodemographic correlates of common mental disorders among first-year university students in post-apartheid South Africa: Implications for a public mental health approach to student wellness. BMC Public Health, 19(1), 922. https://doi.org/10.1186/s12889-019-7218-y
Bruffaerts, R., Mortier, P., Kiekens, G., Auerbach, R. P., Cuijpers, P., Demyttenaere, K., Green, J. G., Nock, M. K., & Kessler, R. C. (2018). Mental health problems in college freshmen: Prevalence and academic functioning. Journal of Affective Disorders, 225, 97–103. https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.07.044
Farrer, L. M., Gulliver, A., Katruss, N., Fassnacht, D. B., Kyrios, M., & Batterham, P. J. (2019). A novel multi-component online intervention to improve the mental health of university students: Randomised controlled trial of the Uni Virtual Clinic. Internet Interventions, 18, 100276. https://doi.org/10.1016/j.invent.2019.100276
Hames, J. L., Rogers, M. L., Silva, C., Ribeiro, J. D., Teale, N. E., & Joiner, T. E. (2018). A Social Exclusion Manipulation Interacts with Acquired Capability for Suicide to Predict Self-Aggressive Behaviors. Archives of Suicide Research, 22(1), 32–45. https://doi.org/10.1080/13811118.2017.1304309
Hamid, A. (2017). Agama dan Kesehatan Mental dalam Perspektif Psikologi Agama. 3(1), 14.
Harahap, A. Z. S. dan N. (2019). Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi. Deepublish.
Hasibuan, M. T. D. (2019). Hubungan Stres Belajar dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa yang Menjalani Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh. Indonesian Trust Health Journal, 2(1), 128–131. https://doi.org/10.37104/ithj.v2i1.24
Lipson, S. K., & Eisenberg, D. (2018). Mental health and academic attitudes and expectations in university populations: Results from the healthy minds study. Journal of Mental Health, 27(3), 205–213. https://doi.org/10.1080/09638237.2017.1417567
McLafferty, M., Lapsley, C. R., Ennis, E., Armour, C., Murphy, S., Bunting, B. P., Bjourson, A. J., Murray, E. K., & O’Neill, S. M. (2017). Mental health, behavioural problems and treatment seeking among students commencing university in Northern Ireland. PLOS ONE, 12(12), e0188785. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0188785
Prabandari, K., & Indriana, Y. (2018). Pengaruh Psikoedukasi Daring terhadap Intensi “Health-Seeking” Informal Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Empati, 7(3), 216–223.
Rinawati, F., & Alimansur, M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Stres Stuart. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 34–38. https://doi.org/10.32831/jik.v5i1.112
Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex media komputindo.
Sallo, A., Opod, H., Pali, C., & Munayang, H. (n.d.). Pengaruh Expressive Writing Therapy terhadap Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. 5.
Sulistiowati, N. M. D., Keliat, B. A., Besral, B., & Wakhid, A. (2018). Gambaran Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Emosional, Psikologi Dan Sosial Pada Kesehatan Jiwa Remaja. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 8(2), 116–122. https://doi.org/10.32583/pskm.8.2.2018.116-122
Sutjiato, M., Kandou, G. D., & Tucunan, A. A. T. (2015). Internal and External Factors Correlated with Stress Levels Medical Students University of Sam Ratulangi. 13.
Article Metrics
Abstract view : 1278 timesPDF - 385 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.3.2021.603-612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.