Efektivitas Hipnoterapi sebagai Intervensi untuk Mengurangi Stres pada Remaja: Studi Literatur

Azka Aflahatinufus(1), Aat Sriati(2), Iwan Shalahuddin(3*)


(1) Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran
(2) Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran
(3) Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja lebih rentan mengalami stres dibandingkan kelompok usia lainnya karena sedang mengalami masa transisi dari anak-anak ke dewasa. Kejadian stres ini harus ditangani dengan baik sebelum berdampak negatif pada fisik dan psikologis. Salah satu intervensi yang dapat menurunkan stres adalah hipnoterapi. Tujuan review ini untuk mengetahui efektivitas hipnoterapi sebagai intervensi dalam mengurangi stres pada remaja. Metode: Metode review yang digunakan adalah narrative review. Pencarian artikel menggunakan PubMed, EBSCO, dan Google Scholar. Kriteria artikel yang digunakan adalah artikel mengenai hipnoterapi untuk mengurangi stres pada remaja, tahun terbit 2000 –2020, berbahasa Inggris atau Indonesia, dan artikel full text. Artikel yang telah disortir, dianalisis, dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil: Didapatkan tujuh artikel yang termasuk kedalam kriteria. Hasil literatur menunjukkan bahwa hipnoterapi efektif untuk mengurangi stres pada remaja. Hal tersebut signifikan berdasarkan hasil uji statistik setiap artikel, dengan nilai p value: 0,000; < 001; < 01; dan < 0,02. Tujuh artikel ini menggunakan teknik hipnoterapi yang berbeda – beda. Kesimpulan: Hipnoterapi terbukti efektif dalam mengurangi stres pada remaja.


Keywords


hipnoterapi; mengurangi stres; remaja

Full Text:

PDF

References


Aliyu, Belllo, M. (2017). Efficiency of Boolean Search strings for Information Retrieval. American Journal of Enginnering Research (AJER), 6(11), 216–222.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Anxiety and Depression Association of America. (2017). Facts & Statistics | Anxiety and Depression Association of America, ADAA.

Astuti, R. T., Amin, M. K., & Purborini, N. (2017). Efektifitas Metode Hipnoterapi Lima Jari (Hp Majar) Terhadap Tingkat Stres Akademik Remaja Di Smk Muhammadiyah 2 Kabupaten Magelang. Journal of Holistic Nursing

Cardeña, E., & Svensson, C. (2014). International Journal of Clinical Hypnotic Tape Intervention Ameliorates Stress : A Randomized , Control Study. International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis, 2(61), 125–145. https://doi.org/10.1080/00207144.2013.753820

Demiris, G., Oliver, D. P., & Washington, K. T. (2019). Defining and Analyzing the Problem. Behavioral Intervention Research in Hospice and Palliative Care, 27–39. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-814449-7.00003-x

Ferrari, R. (2015). Writing narrative style literature reviews. Medical Writing, 24(4), 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480615Z.000000000329

Fisch, S., Brinkhaus, B., & Teut, M. (2017). Hypnosis in patients with perceived stress - A systematic review. BMC Complementary and Alternative Medicine, 17(1). https://doi.org/10.1186/s12906-017-1806-0

Fisch, Silvia, Trivaković-Thiel, S., Roll, S., Keller, T., Binting, S., Cree, M., … Teut, M. (2020). Group hypnosis for stress reduction and improved stress coping: a multicenter randomized controlled trial. BMC Complementary Medicine and Therapies, 20(1), 344. https://doi.org/10.1186/s12906-020-03129-6

Hartman, D., & Zimberoff, D. (2011). Hypnosis and hypnotherapy in the milieu of integrative medicine: Healing the mind/body/spirit. Journal of Heart-Centered Therapies, 14(1), 41.

Hoogendam, A., de Vries Robbé, P. F., & Overbeke, A. J. P. M. (2012). Comparing patient characteristics, type of intervention, control, and outcome (PICO) queries with unguided searching: A randomized controlled crossover trial. Journal of the Medical Library Association, 100(2), 121–126. https://doi.org/10.3163/1536-5050.100.2.010

Kemdikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 24 Januari 2020.

Kemenkes, R. (2017). Infodatin Perawat 2017.Pdf (pp. 1–12). pp. 1–12. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin perawat 2017.pdf

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia.

Kozier, B., & Berman, S. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep. In Proses, dan Praktik, Jakarta: EGC.

Muhith, abdul. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa: Teori dan Aplikasi. In Berita Ilmu Keperawatan.

Olendzki, N., Elkins, G. R., Slonena, E., Hung, J., Joshua, R., Olendzki, N., … Rhodes, J. R. (2020). Mindful Hypnotherapy to Reduce Stress and Increase Mindfulness : A Randomized Controlled Pilot Study Mindful Hypnotherapy to Reduce Stress and Increase. International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis, 68(2), 151–166. https://doi.org/10.1080/00207144.2020.1722028

Pusdatin. (2019). Situasi & Pencegahan Bunuh Diri (pp. 1–10). pp. 1–10.

Rakhmawati, R., Putra, K. R., Rizki, F., & Hardiyanto. (2014). Metode keperawatan komplementer hipnoterapi untuk menurunkan efek stress pasca trauma tingkat sedang pada fase rehabilitasi. Keperawatan, 5(Hipnoterapi), 178–184.

Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Roever, L. (2018). PICO : Model for Clinical Questions. Evid Based Med Pract, 3(2), 1–2. https://doi.org/10.4172/2471-9919.1000115

Schraml, K. (2013). Chronic stress among adolescents: Contributing factors and associations with acedemic achievement.

Seo, B., & Kim, W. (2017). Converged Influence of the Academic Stress Recognized by Teenagers on Mental Health: Mediating Effect of Parent-Child Communication. 8(7), 283–293.

Setyadi, A. W., Murti, B., & Demartoto, A. (2015). The Effect of Hypnotherapy on Depression , Anxiety , and Stress , in People Living with HIV / AIDS , in Kediri , East Java. 99–108.

Stillwell, S. B., Vermeesch, A. L., & Scott, J. G. (2017). Interventions to Reduce Perceived Stress Among Graduate Students: A Systematic Review With Implications for Evidence-Based Practice. Worldviews on Evidence-Based Nursing, 14(6), 507–513. https://doi.org/10.1111/wvn.12250

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Elsevier.

Syaripudin, A. (2018). Hipnoterapi: Aplikasi Keperawatan Komplementer. In Penerbit In Media.

Tanita, F., Santosa, T. B., Septiawan, D., HS, R., & Sutanto, Y. S. (2019). Keefektifan Hipnoterapi Untuk Mengendalikan Nyeri Pada Pasien Yang Dilakukan Bronkoskopi Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Smart Medical Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.13057/smj.v2i1.31246

Taufik, M., Hasibuan, D., & Mendrofa, H. K. (2019). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Stres Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatankota Medan. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi, 2(1), 42–46.

World Health Organization. (2020). Doing What Matters in Times of Stress: An Illustrated Guide.

Yosep. (2010). Yosep, I.FDG. (2007). Keperawatan jiwa. Bandung: PT Refika Aditama. (2009). Keperawatan jiwa: edisi revisi. Bandung: PT Refika Aditama - Bing.

Zhao, X., You, X., Shi, C., & Gan, S. (2015). Hypnosis therapy using augmented reality technology : treatment for psychological. Behaviour & Information Technology, 34(6), 646–653.


Article Metrics

Abstract view : 825 times
PDF - 230 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.245-256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.