Media Edukasi Flashcard dan Audio Visual Kesehatan Reproduksi pada Anak Disabilitas Intelektual

Fathimah Kelrey(1*), Kusbaryanto Kusbaryanto(2)


(1) Akademi Keperawatan Rumkit Tk III Dr. J.A Latumeten
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketidakmampuan atau keterbatasan kecerdasan pada anak tunagrahita membuat mereka rentan terhadap masalah, termasuk masalah kesehatan reproduksi yang meliputi kecemasan saat pubertas dan pelecehan/kekerasan seksual. Salah satu upaya penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan reproduksi melalui flashcard dan media edukatif audio visual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi dengan media flashcard dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak tunagrahita.Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan pendekatan pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi, kartu flashcard dan media audio visual. Analisa data menggunakan uji wilcoxon, mann whitney-U, nilai delta. Kegiatan ini dilakukan pada anak tunagrahita di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul dan Rela Bhakti Gamping 1 Sleman. Sampel sebanyak 48 orang yang terdiri dari 24 kelompok flashcard dan 24 kelompok audio visual. Hasil analisa menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi dengan menggunakan media flashcard nilai p value flashcard 0,00 < 0,05 dan nilai p value audio visual 0,00 < 0,05. Nilai delta atau nilai selisih pada kelompok intervensi media flashcard pengetahuan = 33,48 dan sikap 30,15 sedangkan pada kelompok media audio visual untuk pengetahuan 15,52 dan sikap 18,85. Kesimpulan yang didapat yaitu Pendidikan kesehatan reproduksi dengan media flashcard lebih berpengaruh dibandingkan dengan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak tunagrahita.


Keywords


audiovisual; disabilitas intelektual; flashcard; pengetahuan; sikap

Full Text:

PDF

References


Desrianti, D. I. (2011). AUDIO VISUAL AS ONE OF THE TEACHING. Journal Tangerang, 5(40), 124–144.

Desriyani, Y., Nurhidayah, I., & Adistie, F. (2019). Burden of Parents in Children with Disability at Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. NurseLine Journal, 4(1), 21. https://doi.org/10.19184/nlj.v4i1.8696

Euser, S., Alink, L. R. A., Tharner, A., van IJzendoorn, M. H., & Bakermans-Kranenburg, M. J. (2016). The Prevalence of Child Sexual Abuse in Out-of-home Care: Increased Risk for Children with a Mild Intellectual Disability. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities : JARID, 29(1), 83–92. https://doi.org/10.1111/jar.12160

Faikoh, N. E., Alfiyanti, D., & Nurullita, U. (2014). Pengaruh Modelling Media Video Terhadap Peningkatan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Retardasi Mental Usia 5-7 Tahun di SLBN Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK). Retrieved from http://ejournal.stikestelogorejo.ac.id/index.php/ilmukeperawatan/article/view/229/254

Finlay, W. M. L., Rohleder, P., Taylor, N., Culfear, & Hollie. (2014). 1‘Understanding’ as a practical issue in sexual health education for people with intellectual disabilities: a study using two qualitative methods. Health Psychology, Agustus. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1037/hea0000128

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hartini, H. (2017). Perkembangan Fisik Dan Body Image Remaja. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 27. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.329

Hidayati, E. (2017). Buku Ajar Kesehatan Perempuan Dan Perencanaan Keluarga (1st ed.). Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta Jl.

Kemenkes RI. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Buletin Situasi Penyandang Disabilitas, 19–24.

Kemenppa RI. (2018). Profil Kesehatan Anak Indonesia Tahun 2018. Ilmu Pendidikan, 5(1), 12–21.

Kurniawan, A., Wardani, A. K., Angkasawati, T. J., & Wahidin, M. (2020). PENINGKATAN AKSESIBILITAS PELAYANAN KESEHATAN DASAR UNTUK DIFABEL DI SUKOHARJO, JAWA TENGAH. Buletin Penelitian Kesehatan, 23(3), 188–197.

Lukman, F. (2020). Peranan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Peserta Didik Difabel Di SLB Negeri Kota Parepare. Repository IAIN Parepare. Retrieved from https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://www.

Matos, A., Rocha, T., Cabral, L., & Maximino Bessa. (2015). Multi-sensory Storytelling to Support Learning for People with Intellectual Disability: An Exploratory Didactic Study. Procedia Computer Science, 67, 12–18.

Munggono. (2017). Eksistensi Disabilitas Intelektual dalam Produktivitas Ekonomi Kampung Tunagrahita (Studi Kasus Pada Kampung Tunagrahita Di Dusun Tanggungrejo, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur). JIKE, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.33603/signal.v6i1.948

Nurakhmi, R., Santoso, Y. B., & Pangestu, D. (2019). Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak iv.

Nurmansyah, M. I., Al-Aufa, B., & Amran, Y. (2013). Peran Keluarga, Masyarakat dan Media sebagai Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi pada Mahasiswa (Role of family, sociert and media as a source of information on reproductive health amongst university students). Jurnal Kesehatan Reproduksi, 3(1), 16–23.

Pakpahan, D. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku. At-Tawassuth, III(3), 283.

Rozi, L. H. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Vulva Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi Tuna Ghrahita di SLB Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Digilib UNISA, 3(2). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en

Sage, K., Rausch, J., Quirk, A., & Halladay, L. (2016). Pacing, pixels, and paper: Flexibility in learning words from flashcards. Journal of Information Technology Education: Research, 15(2016), 431–456. https://doi.org/10.28945/3549

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keberagaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, I(1), 58–78.

Setianti, Y., Hafiar, H., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2019). Media informasi kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas tunagrahita di Jawa Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 170–183.

Suarni, L. (2020). Deskripsi Tingkat Kecemasan Remaja Putri Yang Mengalami Menarch Di SMP Islam Terpadu Kholisaturrahmi Binjai. Jurnal JUMANTIK, 5(1), 46–55.

Talapatra, D., Wilcox, G., Roof, H., & Hutchinson, C. (2020). Transition planning for students with disabilities: Perspectives of Canadian and American school psychologists. International Journal of School and Educational Psychology, 8(S1), 49–64. https://doi.org/10.1080/21683603.2018.1558136

Wati, N. W. (2018). Peran Guru Pada Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa Kota Surabaya. BioKultur, VII(1).


Article Metrics

Abstract view : 1413 times
PDF - 357 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.4.2021.833-842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.