Kecanduan Internet pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19

Triyana Harlia Putri(1*), Djoko Priyono(2)


(1) triyana.harliaputri@ners.untan.ac.id
(2) Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi telah berlangsung hampir dua tahun, pembatasan aktivitas meningkatkan penggunaan internet di kalangan anak sekolah. Penggunaan internet yang berlebihan sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan negatif, termasuk tekanan fisik dan emosional (misalnya, kecemasan, depresi), dan risiko menjadi kecanduan. Tujuan penelitian ini untuk ganbaran kecanduan internet pada anak sekolah menangah pertama selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 344 anak sekolah di Kota Pontianak dengan teknik snowball. Penelitian ini menggunakan Chen Internet Addiction Scale (CIAS) dalam versi Bahasa Indonesia. Hasil didapatkan mayoritas anak menengah pertama 269 (78,2%) mengalami kecanduan atas penggunaan internet dimana laki-laki yang mengalami kecanduan sebanyak 155 (57,6%), beragama islam sebanyak 252 (77,5%), dengan jenjang kelas terbanyak pada kelas 3/IX sebanyak 103 (77,4%), untuk durasi penggunaan terbanyak selama 3-8 jam/hari 189 (74,1%) dan mayoritas anak menegah pertama dengan aktivitas penggunaan internet untuk sosial media, hiburan, pendidikan dan game online (78,2%). Analisa data univariat berbentuk distribusi frekuensi untuk karakteristik anak sekolah dan kecanduan internet. Penggunaan internet telah berkembang selama pandemi COVID-19, termasuk frekuensi dan durasi pada anak menengah pertama yang menyebabkan kecanduan.


Keywords


COVID-19; internet; kecanduan; pandemi

Full Text:

PDF

References


Charlton, J. P., Soh, P. C.-H., Ang, P. H., & Chew, K.-W. (2013). Religiosity, Adolescent Internet Usage Motives And Addiction. Information, Communication & Society, 16(10), 1619–1638. https://doi.org/10.1080/1369118X.2012.735251

Di, Z., Gong, X., Shi, J., Ahmed, H. O. A., & Nandi, A. K. (2019). Addictive Behaviors Reports Internet addiction disorder detection of Chinese college students using several personality questionnaire data and support vector machine. Addictive Behaviors Reports, 10(September 2018), 100200. https://doi.org/10.1016/j.abrep.2019.100200

Dong, H., Yang, F., Lu, X., & Hao, W. (2020). Internet Addiction and Related Psychological Factors Among Children and Adolescents in China During the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Epidemic. Frontiers in Psychiatry, 11(September), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.00751

Feng, Y., Ma, Y., & Zhong, Q. (2019). The Relationship Between Adolescents ’ Stress and Internet Addiction : A Mediated-Moderation Model. 10(October), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02248

Fernandes, B., Biswas, U. N., Tan-Mansukhani, R., Vallejo, A., & Essau, C. A. (2020). The impact of COVID-19 lockdown on internet use and escapism in adolescents. Revista de Psicologia Clinica Con Ninos y Adolescentes, 7(3), 59–65. https://doi.org/10.21134/rpcna.2020.mon.2056

Fitriani, D., & Informasi, J. S. (n.d.). Kemudahan dan manfaat penggunaan teknologi informasi berbasis wireless terhadap kebutuhan pengguna internet. 161–169.

Fradelos, evangelos C., Kourakos, M., Velentza, O., Polykandriotis, T., & Papathanasiou, I. V. (2016). Internet addiction in children and adolescents: etiology, signs of recognition and implications in mental health nursing practice. Medico Research Chronicles, 3(4), 264–272. http://medrech.com/sites/default/files/articles/242 INTERNET ADDICTION IN CHILDREN AND ADOLESCENTS.pdf

Gideon, S., & Indonesia, U. K. (n.d.). PERAN MEDIA BIMBINGAN BELAJAR ONLINE “ RUANGGURU ” DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP DAN SMA MASA KINI : SEBUAH PENGANTAR. 167–182.

Kalimantan, W. (2019). Moderate Islam and the social construction of multi-ethnic communities in the hinterland of. 9(2), 217–239. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i2.217-239

Kollo, F. L. (2017). Budaya Patriarki dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik Budaya Patraiki. November, 321–322.

Li, S. H., Beames, J. R., Newby, J. M., Maston, K., Christensen, H., & Werner-Seidler, A. (2021). The impact of COVID-19 on the lives and mental health of Australian adolescents. European Child and Adolescent Psychiatry, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s00787-021-01790-x

Lin, M. P. (2020). Prevalence of internet addiction during the covid-19 outbreak and its risk factors among junior high school students in Taiwan. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(22), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17228547

Linda, Y., Chassiakos, R., Radesky, J., Christakis, D., & Megan, A. (2021). Children and Adolescents and Digital Media. 138(5). https://doi.org/10.1542/peds.2016-2593

Mv, S., Manandhar, N., Sc, S., & Sk, J. (2020). Gaming Disorder among Medical College Students during COVID-19 Pandemic Lockdown. 48–52.

Nadeem, M., Buzdar, M. A., Shakir, M., & Naseer, S. (2019). The Association Between Muslim Religiosity and Internet Addiction Among Young Adult College Students. Journal of Religion and Health, 58(6), 1953–1960. https://doi.org/10.1007/s10943-018-0697-9

Prakash, S. (2017). Original Article Internet Addiction among Junior Doctors : A Cross ‑ sectional Study. 422–425. https://doi.org/10.4103/0253-7176.211746

Priego-Parra, B. A., Triana-Romero, A., Pinto-Gálvez, S. M., Ramos, C. D., Salas-Nolasco, O., Reyes, M. M., Ramos-de-la-Medina, A., & Remes-Troche, J. M. (2020). Anxiety, depression, attitudes, and internet addiction during the initial phase of the 2019 coronavirus disease (COVID-19) epidemic: A cross-sectional study in México. May. https://doi.org/10.1101/2020.05.10.20095844

Riau, H. U. (2017). PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR. 16(1), 56–75.

Sekar, S., Ananda, D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi COVID-19.

Volpi, B., Marzilli, E., & Tambelli, R. (2018). Adolescent Internet Abuse : A Study on the Role of Attachment to Parents and Peers in a Large Community Sample. 2018.

Yunan, Z. Y., Muhammad, M., & Kumari, G. (2021). Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique ( Seft ) Mengatasi Stress Pada Ibu-Ibu PKK 09 Kelurahan Pekojan Saat Pandemi Covid-19. 10, 46–54.


Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 39 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.4.2021.745-752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.