Fenomenologi Circle Pergaulan pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Sawiji Sawiji(1*), Gusti Abimanyu Putra(2), Ike Mardiati Agustin(3)


(1) Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(2) Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(3) Program Studi Keperawatan Program Diploma III, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja yang mampu memahami dirinya dapat dikatakan berhasil melalui tahap perkembangan yang dinamis dalam hidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa circle pergaulan teman sebaya pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Gombong. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling kemudian dilanjutkan dengan snow ball sampling dengan metode wawancara mendalam (indepth interview) dengan jumlah sampel dua belas mahasiswa tingkat akhir di Universitas Muhammadiyah Gombong. Hasil penelitian menyebutkan circle pergaulan teman sebaya memberikan dampak perubahan pada kehidupan mahasiswa tingkat akhir. Seorang individu dapat berfikir kritis tentang pilihan hidup dan membuat keputusan. Dengan adanya pergaulan membantu seorang mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan. Begitu juga pada usia remaja akhir hingga dewasa seorang individu mulai menginginkan adanya pengakuan diri baik dari lingkungan pergaulan. Hasil keempat menunjukkan circle pergaulan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi dengan mengikuti aktivitas kelompok pergaulannya. Hasil terakhir yang didapatkan adalah circle pergaulan menjadi penyemangat mahasiswa dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan mengenai fenomenologi circle pergaulan teman sebaya pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Gombong, peneliti menyimpulkan circle pergaulan dapat memberikan pengaruh pada seseorang dalam menentukan sebuah pilihan, beradaptasi, mencari pengakuan diri, pengembangan diri dan penyemangat hidup.


Keywords


adaptasi; circle pergaulan; mahasiswa tingkat akhir; pengakuan diri; pengembangan diri

Full Text:

PDF

References


Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Kelas Vii Mts Budaya Langkat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9, 22–36. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.282

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Nilai-Nilai yang Terkandul Dalam Pancasila. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 34(Juni), 1–87. Retrieved from http://www.lemhannas.go.id/images/Publikasi_Humas/Jurnal/Jurnal Edisi 34 Juni 2018.pdf

Choirudin, M. (2015). Penyesuaian Diri : Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–20.

Dombrovskis, A. (2016). Identity and an Identity Crisis: the Identity Crisis of First-Year Female Students At Latvian Universities and Their Sociodemographic Indicators. SOCIETY. INTEGRATION. EDUCATION. Proceedings of the International Scientific Conference, 1(May 2016), 308. https://doi.org/10.17770/sie2016vol1.1527

Ginting, R., Ginting, D. Y., & Irmayani. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Smk Swasta Jaya Krama Beringin Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 2(2), 132–136. https://doi.org/10.35451/jkg.v2i2.400

Hartono, D. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Psikologi. (T. P2M2, Ed.) (Pertama). Indonesia: Kemenkes RI.

Herawati, I., & Hidayat, A. (2020). Quarterlife Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 145–156. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1036

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik, 02(3), 73–80.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Infodatin Pusta Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161.

Miftahul, J. (2021). Studi Kasus Tentang Pergaulan Remaja Di Jorong Padang Utara Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas. Repository IAIN Batusangkar. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Rosyanti, L., & Hadi, I. (2016). Konsep : Manusia Sehat Sakit. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331428708_Konsep_Manusia/link/5c78972192851c69504933ad/download

Siregar, U. S. (2017). Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa melalui sanksi berjenjang pada siswa kelas V SD. Manajer Pendidikan, 10(1), 109–114.

Situmorang, D. N. (2018). Peranan Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Dala, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo. Departemen Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

Sugiyanto. (2019). Pentingnya motivasi berprestasi dalam mencapai keberhasilan akademik siswa. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–15. Retrieved from http://universitas.widyamandala.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=336:pentingnya-motivasi-berprestasi&catid=65:krida-rakyat

Suhaida, S., Hos, H. J., & Ambo, U. (2018). Pergaulan Bebas Di Kalangan Pelajar. Neo Societal, 3(2), 75383.

Uma, N. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Adaptasi Diri Pada Mahasiswa Thailand Yang Sedang Menempuh Pendidikan Tinggi di Kabupaten Jember. Repository UMJ.

Unsiyah, P. F. (2018). Isu-isu Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Remaja. Retrieved February 3, 2022, from http://psikologi.fk.unsyiah.ac.id/berita/isu-isu-pengaruh-kelompok-teman-sebaya-terhadap-perkembangan-remaja

Violence, N. R. C. on D. (2015). Healthy vs Unhealthy Relationships. National Resource Center on Domestic Violence.

Zain, B. M. (2016). Proses pembentukan identitas (Studi kasus mahasiswi bercadar kota Malang). Repository Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


Article Metrics

Abstract view : 1095 times
PDF - 228 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.81-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.