PENGARUH SOCIAL SKILLS TRAINING (SST) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIALISASI DAN SOCIAL ANXIETY REMAJA TUNARUNGU DI SLB KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2010
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Hambatan fisik yang dimiliki anak tunarungu dapat berpengaruh pada perkembangan psikologis dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh SST terhadap keterampilan sosialisasi dan social anxiety remaja tunarungu. Penelitian menggunakan desain quasi exsperiment pre-post test with control group. Sampel 76 orang terpilih secara total sampling di SLB-B Karya Bhakti dan SLB-B Dena Upakara Kabupaten Wonosobo. Rata-rata peningkatan keterampilan sosialisasi sebesar 8,38% dan didapatkan rata-rata penurunan skor social anxiety 8,97. Hasil penelitian diketahui perbedaan yang bermakna skor keterampilan sosialisasi dan social anxiety pada remaja tunarungu sebelum dan setelah diberikan terapi SST.
Kata kunci: Keterampilan sosialisasi, social anxiety, social skills training, remaja tunarungu.
Kata kunci: Keterampilan sosialisasi, social anxiety, social skills training, remaja tunarungu.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1694 timesPDF - 675 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.1.1.2013.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.