Tingkat Stres Kerja dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit: Literature Riview

Fuji Mazelda(1*), Arneliwati Arneliwati(2), Erika Erika(3)


(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
(2) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
(3) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji hubungan antara tingkat stres kerja dengan kinerja perawat di poliklinik jiwa. Metode yang digunakan adalah literature review yaitu memerikksa literature ilmiah tentang suatu topic secara kritis. Artikel yang digunakan yang berhubungan dengan stres kerja dan kinerja perawat dan artikel tahun 2015-2020 menggunakan Google Schoolar dan Sematic Scholar. Dari 720 artikel, hanya 6  yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan hasil review, empat dari enam artikel menggunakan uji chi-square dan ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat stres kerja dengan kinerja perawat  rumah sakit. Dua artikel lainnya menggunakan uji korelasi dan sampai pada kesimpulan bahwa tingkat stres dalam pekerjaan perawat memiliki hubungan negatif yang lemah dengan kinerja perawat. Singkatnya, kinerja perawat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain. Ada hubungan antara beban kerja dengan kinerja perawat di rumah sakit. Dengan kata lain, semakin banyak pekerjaan yang dilakukan perawat, semakin rendah kinerjanya. Kajian tentang faktor-faktor lain yang berhubungan dengan stres kerja dan kinerja perawat.


Keywords


kinerja perawat; rumah sakit jiwa; stres kerja

Full Text:

PDF

References


Ahmad, E.H., Maidin, A., Abdullah, T., Naiem, F., Buraerah, S., Handayanif, R. & Prihantono. (2018). Relationship of work stresss to the performance of intensive care unit nurses in Makassar. American Journal of Public Health Research, 6(1), 18-20.

Ahmad, S.N.A. & Vera, A. (2019). Hubungan tingkat stres kerja dengan kinerja perawat di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tanggerang. Jurnal JKFT: Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 4(1).

Chandra, R. & Adriansyah, D. 2017. Pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Mega Auto Central Finance Cabang di Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1).

Deviana, M. & Novitayani, S. (2018). Hubungan stres kerja dengan kinerja perawat pelaksana di rumah sakit jiwa aceh. Idea Nursing Journal. IX(3).

Fajrillah & Nurfitriani. (2016). Hubungan stres kerja dengan kinerja perawat pelaksana dalam melaksanakan pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jurnal Keperawatan Sriwijaya,Volume, 3(2).

Febriani. (2017). Gambaran stres kerja perawat di ruang rawat inap bagian perawatan jiwa rumah sakit khusus daerah profinsi Sulawesi selatan. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan Masyarakat, UIN Allaudin Makasar: Makasar. Diperoleh tanggal 15 Februari 2020.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Situasi Tenaga Keperawatan. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Diperoleh tanggal 28 Februari 2020.

Maramba, R.O. & Liego, J.H. (2018). A correlational approach in the influence of stress level on the job performance of employees in a Private Hospital. International Journal of Research Foundation of Hospital & Healthcare Administration (JRFHHA), 6(2), 68-73.

Mokhtar, K., Shikieri, A. E., Taha, E. M., & Rayan, A. (2016). The relationship between occupational stressors and performance amongst nurses working in pediatric and intensive care units. American Journal of Nursing Research, 4(2), 34-40.

Nopa, I., Zulfendro & Fauzi. (2020). The efeect of work stress on nurse performance in the inpatient wards Tanjung Pura Hospital on 2016. Buletin Farmatera, 5(1).

Rahma, A., Salmawati, L., & Suatama, I.P. (2017). Hubungan stres kerja dengan kinerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit bayangkara palu. Jurnal Kesehatan Tadulako, 3(2), 1-75.

Runtuwene, Kolibu & Sumampouw. (2018). Hubungan antara stres kerja dengan kinerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Minahasa Selatan. Jurnal KESMAS, 7 (5).

Saam, Z. (2013). Psikologi keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers

Sutrisno, Y.N., Suryoputro, A., dan Fatmasari, E.Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat rawat inap di rsud kota semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(1).

Wijayaningsih, K.R. (2014). Psikologi keperawatan. Jakarta: C.V. Trans Info Media.


Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF - 183 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.345-354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.