Tingkat Stres pada Orang Tua Murid dalam Mendampingi Anak Belajar Daring saat Pandemi Covid-19
(1) STIKES Kesdam IX/Udayana
(2) STIKES Kesdam IX/Udayana
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan mengganggu kehidupan, termasuk pendidikan. Guru, murid dan orang tua mengalami masalah selama diterapkannya kebijakan belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat stres pada orang tua murid dalam mendampingi anak belajar daring saat musim pandemi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan deskriptif analitik pada orang tua murid SD sebanyak 83 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisa dengan formulasi deskritif yaitu digambarkan melalui distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan orang tua mengalami tingkat stres normal sebanyak 53 orang (63,9%) dan ada tiga orang (3,6%) mengalami stres berat. Dapat disimpulkan bahwa tingkat stres pada orang tua dalam mendampingi anaknya belajar daring selama pandemi COVID-19 sebagian besar mengalami tingkat stres normal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, S. M., Doom, J. R., Lechuga-Peña, S., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stress and parenting during the global COVID-19 pandemic. Child Abuse and Neglect. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104699
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Gloria, J. T. (2021). Stress Pada Ibu Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1). https://doi.org/DO - 10.31219/osf.io/prbkd
Griffith, A. K. (2020). Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic. In Journal of Family Violence. https://doi.org/10.1007/s10896-020-00172-2
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2).
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Abdipraja, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2021). Satuan Tugas Penanganan Covid-19. https://covid19.go.id
Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Urnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. , 1(1), 23–48. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Lukaningsih, Z. L., & Bandiyah, S. (2011). Psikologi Kesehatan. Nuha Medika.
Metro Tempo. (2020). Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Dampak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Metro. https://metro.tempo.co/rid/1391861/dampak-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19.
Palupi, T. N. (2021). Tingkat stres ibu dalam mendampingi siswa-siswi sekolah dasar selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1).
Pemerintah Provinsi Bali. (2021). Info Corona Pemerintah Provinsi Bali. https://infocorona.balipos.go.id
Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres. Nuha Medika.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Agu. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 Nomor 1, 1–12.
Rinawati, F., & Sucipto, S. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 95–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.95-100
Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). Pengaruh Anak Belajar Di Rumah Dengan Tingkat Stres Orang Tua. International Journal of Science and Society, 4(11).
Wijayaningsih, K. S. (2014). Psikologi Keperawatan. TIM.
Wu, M., Xu, W., Yao, Y., Zhang, L., Guo, L., Fan, J., & Chen, J. (2020). Mental health status of students’ parents during COVID-19 pandemic and its influence factors. General Psychiatry. https://doi.org/10.1136/gpsych-2020-100250
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF - 21 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.459-466
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.