Tingkat Stres pada Orang Tua Murid dalam Mendampingi Anak Belajar Daring saat Pandemi Covid-19

Windu Astutik(1), Kadek Benny Dharma Yudha(2*)


(1) STIKES Kesdam IX/Udayana
(2) STIKES Kesdam IX/Udayana
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan mengganggu kehidupan, termasuk pendidikan. Guru, murid dan orang tua mengalami masalah selama diterapkannya kebijakan belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tingkat stres pada orang tua murid dalam mendampingi anak belajar daring saat musim pandemi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan deskriptif analitik pada orang tua murid SD sebanyak 83 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisa dengan formulasi deskritif yaitu digambarkan melalui distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan orang tua mengalami tingkat stres normal sebanyak 53 orang (63,9%) dan ada tiga orang (3,6%) mengalami stres berat. Dapat disimpulkan bahwa tingkat stres pada orang tua dalam mendampingi anaknya belajar daring selama pandemi COVID-19 sebagian besar mengalami tingkat stres normal.


Keywords


pandemi; pembelajaran daring; pendampingan orang tua; stres

Full Text:

PDF

References


Brown, S. M., Doom, J. R., Lechuga-Peña, S., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stress and parenting during the global COVID-19 pandemic. Child Abuse and Neglect. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104699

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gloria, J. T. (2021). Stress Pada Ibu Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1). https://doi.org/DO - 10.31219/osf.io/prbkd

Griffith, A. K. (2020). Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic. In Journal of Family Violence. https://doi.org/10.1007/s10896-020-00172-2

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2).

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Abdipraja, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2021). Satuan Tugas Penanganan Covid-19. https://covid19.go.id

Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Urnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. , 1(1), 23–48. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256

Lukaningsih, Z. L., & Bandiyah, S. (2011). Psikologi Kesehatan. Nuha Medika.

Metro Tempo. (2020). Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Dampak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Metro. https://metro.tempo.co/rid/1391861/dampak-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19.

Palupi, T. N. (2021). Tingkat stres ibu dalam mendampingi siswa-siswi sekolah dasar selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1).

Pemerintah Provinsi Bali. (2021). Info Corona Pemerintah Provinsi Bali. https://infocorona.balipos.go.id

Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres. Nuha Medika.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Agu. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 Nomor 1, 1–12.

Rinawati, F., & Sucipto, S. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 95–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.95-100

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). Pengaruh Anak Belajar Di Rumah Dengan Tingkat Stres Orang Tua. International Journal of Science and Society, 4(11).

Wijayaningsih, K. S. (2014). Psikologi Keperawatan. TIM.

Wu, M., Xu, W., Yao, Y., Zhang, L., Guo, L., Fan, J., & Chen, J. (2020). Mental health status of students’ parents during COVID-19 pandemic and its influence factors. General Psychiatry. https://doi.org/10.1136/gpsych-2020-100250


Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 25 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.459-466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.