IDENTIFIKASI JAMUR Candida sp PADA AIR BAK TOILET DI PANTI SOSIAL PERLINDUNGAN ANAK DHARMA KOTA SAMARINDA

erna sari(1*)


(1) Poltekkes Kemenkes Kaltim
(*) Corresponding Author

Abstract


Toilet merupakan penunjang sanitasi utama pada kehidupan manusia modern, Kebersihan toilet menjadi tolak ukur terhadap kualitas manajemen sanitasi toilet. Bak toilet yang menampung air dapat terkontaminasi mikroorganisme. Salah satunya yaitu jamur. Candida sp merupakan salah satu jamur yang dapat mencemari air. Sekitar 17 spesies Candida sp dapat menyebabkan penyakit pada manusia serta beberapa dari spesies ini mampu mengakibatkan kandidiasis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontaminasi Candida sp pada air bak toilet yang ada di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Kota Samarinda. Jenis penelitian bersifat deskriptif dan identifikasi jamur secara makroskopis dan mikroskopis. Penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode total sampling. Sebanyak 13 sampel dilakukan pengamatan makroskopis dan mikroskopis menggunakan LPCB (Lacto Phenol Catton Blue) kemudian  hasil akan di analisa dengan analisis univariate. Hasil penelitian ini didapatkan air bak yang terkontaminasi jamur Candida sp sebanyak 1 (7,7%) sampel dan yang tidak terkontaminasi sebanyak 12 (92,3%). Adapun ditemukan jamur lain yaitu Trichopyton sp, Penicillium sp dan hifa bersekat. Higienitas dan sanitasi toilet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jamur.


Keywords


Kata Kunci: Identifikasi Jamur, Candida sp, Air Bak Toilet

Full Text:

PDF

References


Adiguna, M. (2004). Epidemiologi dermatomikosis di Indonesia. In K. B. Budimulya U, Dermatomikosis superfisialis. Edisi 3 (pp. 1-6). Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Adiguna, M. (2015). Aspek Kronisitas Kandidiasis Mukokutaneus. In National Symposium and Workshop: Skin Infection and It’s Complication.

Adiwoso, N. (2019). Toilet Umum Indonesia. Jakarta: Asosiasi Toilet Indonesia.

De Toni, P. S.-A., & Reilly, K. (2011). A Review Of Fungi In Drinking Water And The Implications For Human Health.

Dwipayanti, U. (2008). Ketersediaan dan Pengelolaan Toilet di tempat Wisata Pulau Bali. Denpasar: Universitas Udayana.

Ermawati, N. (2013). Identifikasi Jamur Candida albicans Pada Penderita Stomatitis Dengan Menggunakan Metode Swab Mukosa Mulut Pada Siswa SMK Analis Bhakti Wiyata Kediri. Skripsi. Kediri. Universitas PGRI

Hendlyana, Y., Naria, E., dan Hasan, W. 2012. Pengelolaan Sanitasi Toilet Umum Dan Analisa Kandungan Candida albicans Pada Air Bak Toilet Umum di Beberapa Pasar Tradisional Kota Medan Tahun 2012, 1– 8.

Jawetz, & Adelberg. (2008). Medical Microb. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Khairani, R. (2020). Identifikasi Jamur Candida albicans Pada Bak Penampungan Air di Toilet Umum. Medan: Poltekkes Kemenkes Medan

Mujayana, E. (2017). Identifikasi Cemaran Jamur Candida albicans Pada Air Bak Toilet Di Ruang Bersalin (Studi di RSUD Jombang) (Doctoral dissertation, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang).

Novak Babič, M., Gunde-Cimerman, N., Vargha, M., Tischner, Z., Magyar, D., Veríssimo, C.,Brandão, J. (2017). Fungal Contaminants in Drinking Water Regulation? A Tale of Ecology, Exposure, Purification and Clinical Relevance. International journal of environmental research and public health, 14(6), 636. doi:10.3390/ijerph14060636.

Pambudi, R. A. (2018). Keberadaan Jamur Candida Albicans Pada Fasilitas Sanitasi Toilet Laki-Laki Dan Perempuan Di Spbu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Surabaya).

Prahatamaputra, A. (2009). Karakteristik jamur candida albicans berbasis fermentasi karbohidrat pada air bak wc sekolah menengah di kelurahan alalak utara, Jurnal WahanaBio, 2: 1-3.


Article Metrics

Abstract view : 486 times
PDF - 2 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jlabmed.7.1.2023.13-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 erna sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats
Program Studi Teknologi Laboratorium Medik Universitas Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung Laboratorium Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740295
Email: [email protected]