MODUL Q-SETS SEBAGAI REKAYASA BAHAN AJAR KIMIA YANG BERMUATAN QUANTUM LEARNING DAN BERVISI SALINGTEMAS
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
pembelajaran pendahuluan, penyampaian materi pembelajaran, memancing penampilan, pemberian umpan balik dan kegiatan tindak lanjut. Pembelajaran menggunakan modul Q-SETS berpengaruh erhadap hasil belajar kimia siswa. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa sesuai dengan koefisien korelasi sebesar 0,506 dan koefisien determinasi 25,56% dengan kriteria pengaruh adalah sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.
Atmaningsih, Nur. 2006. Pengaruh Pendekatan SETS dalam Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Zat Radioaktif dan Penggunaan Radioisotop Terhadap Minat dan Sikap Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Grinsing pada Mata Peajaran Kimia. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA Unnes.
Binadja, Achmad. 2005. Pedoman Pengembangan Silabus Pembelajaran Berdasar Kurikulum 2004 Bervisi dan Berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) atau (Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Sosial). Semarang: Laboratorium SETS Unnes Semarang.
Bobbi DePorter, Mark Reardon, dan SarahSinger-Nourie. 2007. Quantu Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Kelas. Bandung : Penerbit Kaifa.
Bobbi DePorter, Mark Reardon, dan SarahSinger-Nourie. 2008. Quantu Learning. Bandung : Penerbit Kaifa.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran Kimia Kurikulum 2004 SMA. Jakarta: Depdiknas.
Dinas Pendidikan BPTP Jabar. 2008. Modul Penulisan Naskah Bahan Ajar. Bandung: Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan.
I Wayan Santyasa. Metode Penelitian Pengembnagan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung.
Kurnia, Setiawan. Quantum Learning. http://depdiknas.go.id/jurnal/34/editorial34 Diunduh tanggal 21 Agustus 2008.
Kustiono. 1998. Pengembangan Bahan Ajar. Semarang: FIP UNNES.
Mulyani. 2008. Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan SETS Menggunakan Media CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 14 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA Unnes.
Mulyasa, E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
McKeachie, W.J. 1994. Teaching Tips: Strategies, Research, and Theorities. Toronto: DC Heath and Company.
Purwanti, Eko. 2010. Tips Pengembangan Media Pembelajaran. Presentasi dalam Kegiatan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Pusat Pengembangan Media Pendidikan Universitas Negeri Semarang tanggal 11-17 Mei 2010.
Salirawati, Das. Fitria Mellina K. dan Jamil S. 2007. Belajar Kimia secara Menarik. Jakarta: PT Grasindo.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Article Metrics
Abstract view : 1002 timesPDF - 950 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jps.1.1.2013.26-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013
EXECUTIVE OFFICE
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
DEPARTMENT OF CHEMISTRY EDUCATION
FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES
MUHAMMADIYAH SEMARANG UNIVERSITY
Jl. Kedungmundu Raya No.18, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (024)76740231, 76740231
email: jps@unimus.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Journal Pendidikan Saisn (JPS)
ISSN:2339-0786, e-ISSN:2502-1443
Published by: Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University